PENGEMBANGAN KOMIK PENGUKURAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SMK MA’ARIF SALAM

Dana, Rizki Nur Adnan (2015) PENGEMBANGAN KOMIK PENGUKURAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SMK MA’ARIF SALAM. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Dana Rizki Nur Adnan 09503242002.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN KOMIK PENGUKURAN DASAR UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI SISWA SMK MA’ARIF SALAM Oleh Dana Rizki Nur Adnan NIM : 09503242002 ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) mengetahui proses pengembangan komik pengukuran dasar sebagai media pembelajaran siswa SMK Ma’arif Salam Jurusan Pemesinan, 2) mengetahui kelayakan komik pengukuran dasar sebagai media pembelajaran siswa SMK Ma’arif Salam Jurusan Pemesinan, 3) mengetahui efektifitas komik pengukuran dasar sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi siswa SMK Ma’arif Salam Jurusan Pemesinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Penelitian dilakukan di SMK Ma’arif Salam. Waktu yang digunakan untuk pelaksanaan penelitian selama tiga bulan terhitung mulai bulan September hingga bulan November 2011. Obyek penelitian berupa pengembangan media komik pengukuran dasar. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data dilakukan dengan: 1) observasi, 2) angket, 3) pretest-posttest. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah deskriptif dan komparatif (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) proses pengembangan komik pengukuran dasar melaui beberapa tahap yaitu: identifikasi masalah, perencanaan, pengembangan produk awal, validasi media dan materi, revisi, uji coba produk, revisi, uji coba pemakaian, revisi produk akhir, dan produk akhir, proses pembuatan komik meliputi, menentukan tema, menentukan skenario, menggambar, dan mencetak komik; 2) dari uji kelayakan didapat data kelayakan dari ahli media dengan persentase kelayakan sebesar 91.86% dengan kategori sangat layak, ahli materi sebesar 71.66% dengan kategori layak, pengguna media (guru) sebesar 85% dengan kategori sangat layak, dan pengguna media (murid) sebesar 78.35% dengan kategori layak; 3) dari hasil uji efektifitas terdapat perbedaan nilai rata-rata sebelum dan sesudah diajarkan dengan komik pengukuran dasar, maka dapat disimpulkan bahwa nilai sesudah diajarkan dengan komik pengukuran dasar lebih besar dengan sebelum diajarkan dengan komik pengukuran dasar (5,3 < 6,9). Dari pernyataan di atas komik pengukuran dasar efektif untuk meningkatkan prestasi siswa SMK Ma’arif Salam hal ini juga didukung dengan perhitungan uji t, hasil uji t didapat thitung > ttabel (400 > 2,65) maka dapat disimpulkan bahwa terjadi perbedaan prestasi yang signifikan sebelum dan sesudah siswa diajar dengan komik pengukuran dasar Kata Kunci : Pengukuran Dasar, Komik Pengukuran, Komik Pembelajaran

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mesin
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Aug 2015 10:31
Last Modified: 30 Jan 2019 01:54
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24984

Actions (login required)

View Item View Item