PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA KOMPETENSI PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL DI SMK NEGERI 2 GODEAN

Cuti, Kusumastuti (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA KOMPETENSI PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL DI SMK NEGERI 2 GODEAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Cuti Kusumastuti 08513244006.pdf

Download (957kB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY PADA KOMPETENSI PEMELIHARAAN BAHAN TEKSTIL DI SMK NEGERI 2 GODEAN Oleh Cuti Kusumastuti 08513244006 ABSTRAK Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran Two Stay Two Stray pada kompetensi pemeliharaan bahan tekstil di SMK Negeri 2 Godean. 2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan ranah afektif siswa pada kompetensi pemeliharaan bahan tekstil dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray di SMK Negeri 2 Godean. 3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan prestasi belajar siswa pada ranah kognitif kompetensi pemeliharaan bahan tekstil dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray di SMK Negeri 2 Godean. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan desain penelitian model Kemmis & Mc Tanggart. Alur penelitian tindakan kelas terdiri dari Perencanaan, Tindakan, Pengamatan dan Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Negeri 2 Godean. Subjek dalam penelitian ini adalah 36 siswa kelas X Busana 3. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi dan tes objektif pilihan ganda. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini sudah melalui uji validitas instrumen menggunakan product moment dengan hasil valid dan reliabilitas instrument menggunakan KR-20 dengan hasil 0,869. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian pada pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray, menunjukkan persentase sebesar 80% atau 12 skor dengan kategori baik pada siklus pertama dan pada siklus kedua meningkat menjadi 100% atau 15 skor dengan kategori sangat baik. Peningkatan ranah afektif siswa pada siklus pertama sebesar 42,6% dari rata-rata sebelum tindakan 6,08 meningkat menjadi 8,67 pada siklus pertama dan peningkatan pada siklus kedua sebesar 28,49% dari rata-rata siklus pertama 8,67 meningkat menjadi 11,14 pada siklus kedua. Hasil pencapaian prestasi belajar siswa pada ranah kognitif berdasarkan nilai KKM, sebelum tindakan 36,11% atau 13 siswa tuntas KKM, pada siklus pertama meningkat menjadi 80,55 % atau 29 siswa dan pada siklus kedua meningkat menjadi 100% atau 36 siswa. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan prestasi belajar siswa pada kompetensi pemeliharaan bahan tekstil dengan model pembelajaran Two Stay Two Stray di SMK Negeri 2 Godean. Kata kunci : ranah afektif siswa, prestasi belajar, kompetensi pemeliharaan bahan tekstil, model pembelajaran Two Stay Two Stray.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Aug 2015 10:17
Last Modified: 30 Jan 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24973

Actions (login required)

View Item View Item