PENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH AMICA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI MENGGAMBAR BUSANA PESTA SISWA KELAS X di SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA

CITRA N, TIRTADEWI (2015) PENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH AMICA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI MENGGAMBAR BUSANA PESTA SISWA KELAS X di SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Citra N Tirtadewi 07513241023.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PENGGUNAAN MAJALAH AMICA SEBAGAI SUMBER BELAJAR TERHADAP KOMPETENSI MENGGAMBAR BUSANA PESTA SISWA KELAS X di SMK DIPONEGORO YOGYAKARTA Oleh: CITRA N TIRTADEWI NIM: 07513241023 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui kompetensi menggambar busana pesta siswa kelas X di SMK Diponegoro Yogyakarta sebelum menggunakan majalah AMICA sebagai sumber belajar (2) mengetahui kompetensi menggambar busana pesta siswa kelas X di SMK Diponegoro Yogyakarta setelah menggunakan majalah AMICA sebagai sumber belajar dan (3) mengetahui pengaruh penggunaan majalah AMICA sebagai sumber belajar terhadap kompetensi menggambar busana pesta siswa kelas X di SMK Diponegoro Yogyakarta. Metode penelitian ini termasuk jenis quasi eksperimen dengan pre-test-posttest one group design. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan November – Desember 2012 di SMK Diponegoro Yogyakarta. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Busana Butik berjumlah 33 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes unjuk kerja berupa penilaian unjuk kerja. Validitas instrumen dalam penelitian ini menggunakan validitas isi (content validity) dan validitas konstrak (construct validity). Reliabilitas instrumen lembar observasi (afektif) dilakukan dengan teknik antarrate. Uji reliabilitas untuk lembar penilaian unjuk kerja dan lembar tes pilihan ganda menggunakan Alpa Cronbach diperoleh r = 0,619. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dengan uji t untuk mengetahui pengaruh penggunaan majalah AMICA sebagai sumber belajar terhadap kompetensi menggambar busana pesta siswa kelas X di SMK Diponegoro Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kompetensi menggambar busana pesta sebelum menggunakan majalah AMICA sebagai sumber belajar terdapat 45,5% atau 15 siswa dengan kategori belum tuntas, 18 siswa atau 54,5% kategori tuntas (2) kompetensi menggambar busana pesta setelah menggunakan majalah AMICA sebagai sumber belajar terdapat 33 siswa atau 100% dalam kategori tuntas dan (3) ada pengaruh penggunaan majalah AMICA sebagai sumber belajar terhadap kompetensi menggambar busana pesta ditunjukkan oleh hasil uji t dengan t hitung 12,607 > t table (1,697) dan taraf signifikansi 5% serta dari pengaruh penggunaan majalah AMICA sebagai sumber belajar kompetensi siswa meningkat sebesar 15,55%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan majalah AMICA sebagai sumber belajar dapat meningkatkan kompetensi menggambar busana pesta. Kata kunci : kompetensi menggambar busana pesta, sumber belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Aug 2015 10:12
Last Modified: 30 Jan 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24970

Actions (login required)

View Item View Item