PENINGKATAN KOMPETENSI KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA, DAN KINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS X BUSANA SMK KARYA RINI YOGYAKARTA

Christiana, Kusumaningtyas (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA, DAN KINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS X BUSANA SMK KARYA RINI YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Christiana Kusumaningtyas-11513247003.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KOMPETENSI KESELAMATAN, KESEHATAN KERJA, DAN KINGKUNGAN HIDUP (K3LH) DENGAN PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN TIME TOKEN PADA SISWA KELAS X BUSANA SMK KARYA RINI YOGYAKARTA Oleh: Christiana Kusumaningtyas NIM 11513247003 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan (1)untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran Time Token pada kompetensi keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup pada siswa di SMK Karya Rini, (2)untuk mengetahui peningkatan kompetensi keselamatan, kesehatan kerja, dan lingkungan hidup pada siswa di SMK Karya Rini setelah menerapkan metode pembelajaran Time Token. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas secara kolaboratif, dengan desain penelitian model Kemmis dan Taggart dilaksanakan sesuai prosedur penelitian, Perencanaan, Tindakan dan Pengamatan, Refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Karya Rini, subyek penelitian 21 siswa kelas X busana. Metode pengumpulan data menggunakan tes pilihan ganda, tes unjuk kerja, lembar obvervasi penilaian sikap, dan lembar observasi pelaksanaan pembelajaran untuk keterlaksanaan metode pembelajaran Time Token. Uji validasi pada instrumen penelitian berdasarkan pendapat para ahli (judgement expert) dinyatakan telah valid untuk digunakan dalam penelitian ini. Hasil penelitian diketahui bahwa (1)metode pembelajaran Time Token dapat meningkatkan pencapaian kompetensi menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan, pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) sebelum dikenai tindakan pada pra siklus hanya 1 siswa yang memenuhi KKM, setelah dikenai tindakan pada siklus I pencapaian kompetensi siwa meningkat menjadi 8 siswa yang memenuhi KKM, dan setelah tindakan pada siklus II pencapaian kompetensi siswa 100% atau keseluruhan dari 21 siswa sudah memenuhi KKM. (2)dalam pembelajaran menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan, penggunaan metode pembelajaran Time Token dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dan mudah dalam memahami materi,. Uraian tersebut menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran Time Token dapat meningkatkan pencapaian kompetensi siswa dalam pembelajaran menerapkan ketentuan pertolongan pertama pada kecelakaan. Kata Kunci: kompetensi, metode pembelajaran time token, pertolongan pertama pada kecelakaan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 13 Aug 2015 10:09
Last Modified: 30 Jan 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24966

Actions (login required)

View Item View Item