UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BERAKSARA JAWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII-A DI SMP NEGERI 1 SIGALUH KABUPATEN BANJARNEGARA

Prabhakti, Aditya (2014) UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KALIMAT BERAKSARA JAWA DENGAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII-A DI SMP NEGERI 1 SIGALUH KABUPATEN BANJARNEGARA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Aditya Prabhakti 07205241009.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis aksara Jawa siswa. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa, yaitu dengan menerapkan metode Teams Games Tournament (TGT) dalam pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Sigaluh Kabupaten Banjarnegara. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Sigaluh tahun ajaran 2012/2013 sebanyak 23 siswa. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas empat komponen kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh melalui pengamatan, catatan lapangan, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas demokratik dan validitas proses. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi metode. Hasil penelitian ini adalah metode pembelajaran dengan metode Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan kemampuan menulis aksara Jawa pada siswa kelas VII-A SMP Negeri 1 Sigaluh Kabupaten. Hasil proses menunjukkan dengan adanya peningkatan keaaktifan dan antusias siswa terhadap proses pembelajaran menulis aksara dengan metode Teams Games Tournament (TGT). Hasil prestasi ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata siswa dari hasil sebelum tindakan dan sesudah tindakan. Nilai rata-rata siswa kelas VII-A yang berjumlah 23 siswa pada tahap pratindakan sebesar 70,7, pada siklus I sebesar 82,2, dan pada akhir siklus II sebesar 83,4. Siswa yang mencapai nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) pada akhir tindakan atau siklus II yaitu sebanyak 21 siswa atau 91%, sedangkan 2 siswa atau 9% tidak mencapai nilai KKM.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: menulis kalimat beraksara jawa, TGT, SMP
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 13 Aug 2015 09:27
Last Modified: 30 Jan 2019 01:53
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24948

Actions (login required)

View Item View Item