FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET PUTERI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SE-KABUPATEN KULON PROGO

Avia Semi Isnaini (2015) FAKTOR PENGHAMBAT PELAKSANAAN EKSTRAKURIKULER BOLABASKET PUTERI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) SE-KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Avia Semi Isnaini (11601241088).pdf

Download (38MB) | Preview

Abstract

Ekstrakurikuler bolabasket pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Kulon Progo belum berjalan dengan baik terlihat dari kurang terlibatnya siswa SMK pada beberapa kejuaraan tingkat SMA/K yang diselenggarakan di Kulon Progo. Selain itu, siswa SMK puteri bisa dikatakan selalu tersingkir pada babak empat besar. Karena beberapa permasalahan di atas maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat apa sajakah yang paling berpengaruh dalam pelaksanaan ekstrakurikuler di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Metode yang digunakan adalah metode survey. Teknik pengumpulan data berupa angket dengan 43 butir pernyataan. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa puteri kelas X dan XI SMK di Kabupaten Kulon Progo yang pernah mengikuti ekstrakurikuler bolabasket berjumlah 93 siswa. Adapun analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang dituangkan dalam persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor penghambat pelaksanaan ekstrakurikuler bolabasket puteri SMK dengan kategori “sangat rendah” sebesar 8,25% (8 siswa), kategori “rendah” sebesar 20,62% (20 siswa), kategori “sedang” sebesar 44,33% (43 siswa), kategori “tinggi” sebesar 20,62% (20 siswa), dan kategori “sangat tinggi” sebesar 6,19% (6 siswa). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa faktor penghambat pelaksanaan ektrakurikuler bolabasket puteri SMK se-Kabupaten Kulon Progo berdasarkan faktor keseluruhan termasuk dalam kategori sedang, dan siswa puteri SMK se-Kabupaten Kulon Progo tidak mengalami hambatan yang berarti dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler bolabasket di sekolah masing-masing.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: faktor penghambat, ekstrakurikuler bolabasket puteri, sekolah menengah kejuruan
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Aug 2015 11:29
Last Modified: 11 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24947

Actions (login required)

View Item View Item