PERBEDAAN SIKAP SOSIAL ANTARA KELAS REGULER DENGAN KELAS OLAHRAGA DI SMA NEGERI 5 MAGELANG

Edo Pradana (2015) PERBEDAAN SIKAP SOSIAL ANTARA KELAS REGULER DENGAN KELAS OLAHRAGA DI SMA NEGERI 5 MAGELANG. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
EDO PRADANA_11601244040.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap sosial siswa, yang terjadi dalam suatu kelas yang berbeda antara kelas reguler dengan kelas olahraga yang ada di SMA Negeri 5 Magelang. Penelitian ini merupakan penelitian komparatif dengan metode survey, adapun pengambilan datanya menggunakan angket. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan kelas XI SMA Negeri 5 Magelang. Dari penelitian ini pengambilan sampel dengan cara Proportionate Stratified Random Sampling. Sampel yang diambil dari populasi sebanyak 521 siswa menjadi 120 siswa, yang mana terdiri dari 60 siswa kelas reguler dan 60 siswa kelas olahraga. Data dianalisis dengan uji-t. Sebelumnya data dianalisis perlu diadakan pengujian persyaratan analisis data yaitu uji normalitas dan uji homogen. Uji normalitas menggunakan chi kuadrat, untuk uji homogen menggunakan anova. Setelah uji normalitas menghasilkan distribusi data yang normal dan uji homogen menghasilkan data populasi yang homogen. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan antara sikap sosial kelas reguler dengan kelas olahraga. Sikap sosial kelas olahraga lebih tinggi daripada sikap sosial kelas reguler. Jumlah nilai rerata siswa kelas reguler sebesar 1,8787 sedangkan rerata kelas olahraga sebesar 1,9550. Hasil uji t diperoleh t hitung = -3,424. Sehingga t hitung > t tabel (-3,424 > 2,001) dan p<0,05 (0,01 < 0,05). Hal ini menunjukan bahwa terdapat perbedaan sikap sosial antara kelas reguler dengan kelas olahraga di SMA Negeri 5 Magelang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Sikap Sosial, kelas reguler, kelas olahraga
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Aug 2015 08:18
Last Modified: 11 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24922

Actions (login required)

View Item View Item