PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 1 WATES PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING

Adha, Choli Fahbul (2015) PENINGKATAN KOMPETENSI PENGUKURAN LISTRIK SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 1 WATES PAKET KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI PEMANFAATAN TENAGA LISTRIK MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Choli Fahbul Adha-10501241011.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi Pengukuran Listrik siswa melalui model pembelajaran Inquiry Based Learning. Kompetensi yang dimaksud meliputi tiga aspek yaitu kemampuan aspek afektif, aspek kognitif, dan aspek psikomotorik. Penelitian dilaksanakan di SMK Ma’arif 1 Wates dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X paket keahlian Teknik Instalasi Pemanfaatan Tenaga Listrik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang bersiklus. Jumlah pertemuan setiap siklus sebanyak tiga kali. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan instrumen pretest dan posttest untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa, lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa dan lembar kerja siswa untuk mengetahui peningkatan aspek psikomotorik siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator pengamatan aktivitas siswa adalah 80% siswa dinyatakan tuntas dan nilai rata-rata semua siswa memperoleh minimal 7,5. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning dapat meningkatkan kompetensi aspek afektif siswa. Siklus I persentase ketuntasan siswa sebesar 72,32%, meningkat pada Siklus II menjadi 88,57%, (2) penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning dapat meningkatkan kompetensi aspek kognitif siswa. Persentase ketuntasan siswa posttest Siklus I sebesar 72,73% dengan nilai rata-rata 7,79, setelah dilanjutkan Siklus II, aspek kognitif mengalami peningkatan. Pada posttest Siklus II persentase ketuntasan siswa menjadi 84,85% dengan nilai rata-rata 8,12, (3) penerapan model pembelajaran Inquiry Based Learning dapat meningkatkan kompetensi aspek psikomotorik siswa. Persentase ketuntasan siswa Siklus I sebesar 75,75% dengan nilai rata-rata 7,81, meningkat pada Siklus II sebesar 100% dengan nilai rata-rata 8,73.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: dasar dan pengukuran listrik, kompetensi siswa, model pembelajaran inquiry based learning, penelitian tindakan kelas
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 12:56
Last Modified: 04 Mar 2019 07:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24894

Actions (login required)

View Item View Item