KEMAMPUAN MENGGAMBAR BUSANA PESTA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA CETAK MAJALAH BUSANA PADA SISWA KELAS XI SMK PIRI 2 YOGYAKARTA

Choirul, Choyimah (2015) KEMAMPUAN MENGGAMBAR BUSANA PESTA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA CETAK MAJALAH BUSANA PADA SISWA KELAS XI SMK PIRI 2 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Choirul Choyimah 08513241010.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

KEMAMPUAN MENGGAMBAR BUSANA PESTA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA CETAK MAJALAH BUSANA PADA SISWA KELAS XI SMK PIRI 2 YOGYAKARTA Oleh: Choirul Choyimah 08513241010 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kemampuan menggambar busana pesta dengan memanfaatkan media cetak majalah busana pada siswa kelas XI di SMK PIRI 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian Deskriptif. Penelitian dilaksanakan di SMK PIRI 2 Yogyakarta pada bulan September 2012. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 14 siswa kelas XI Busana Butik. Subjek penelitian ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling, yaitu teknik pengambilan subjek penelitian dengan pertimbangan kelas XI dituntut untuk mengembangkan kemampuan. Metode pengumpulan data menggunakan tes kemampuan menggambar busana yang mencakup ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotor. Instrumen dalam penelitian ini adalah lembar penilaian skor kemampuan dan lembar pengamatan pelaksanaan pemanfaatan majalah busana pada pembelajaran menggambar busana. Uji validitas menggunakan validitas konstrak (Construct Validity) berdasarkan Judgment Exspert dan uji reabilitas instrumen menggunakan antar rater. Hasil reabilitas lembar penilaian skor kemampuan rata-rata rating dari 3 rater yaitu rxx = 0,905 . Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data deskriptif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) kemampuan menggambar busana pesta dengan memanfaatkan media cetak majalah busana pada siswa kelas XI yaitu dari 14 siswa terdapat 9 siswa yang mencapai kategori cukup mampu, 3 siswa yang dapat mencapai kategori mampu dan 2 siswa dapat yang mencapai kategori sangat mampu. Rata-rata dari ranah kognitif 5,78 yaitu pada kategori mampu, pada ranah afektif 4,85 yaitu pada kategori mampu dan pada ranah psikomotor 12,57 yaitu pada kategori cukup mampu sehingga rata-rata kemampuan menggambar busana pada ranah kognitif, afektif dan psikomotor 23,21 yaitu pada kategori cukup mampu. Dari uraian diatas telah menunjukkan bahwa dengan memanfaatkan media cetak majalah busana, siswa kelas XI di SMK PIRI 2 Yogyakarta cukup mampu dalam menggambar busana pesta. Kata kunci: kemampuan, menggambar busana, media cetak

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Busana
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 12:51
Last Modified: 30 Jan 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24890

Actions (login required)

View Item View Item