Charomah, Setia Nurani (2015) PENGARUH KEMAMPUAN DIRI, POTENSI BELAJAR, DAN KEBIASAAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XII DI SMK 1 SEDAYU BANTUL. S1 thesis, UNY.
|
Text
Charomah Setia 10501244015.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
PENGARUH KEMAMPUAN DIRI, POTENSI BELAJAR, DAN KEBIASAAN KERJA TERHADAP KOMPETENSI SISWA PADA KELOMPOK MATA PELAJARAN PRODUKTIF PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK KELAS XII DI SMK 1 SEDAYU BANTUL Charomah Setia Nurani NIM. 10501244015 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemampuan diri, potensi belajar, dan kebiasaan kerja terhadap kompetensi siswa pada kelompok mata pelajaran produktif Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XII di SMK 1 Sedayu Bantul. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik yang berjumlah 83 responden. Teknik pengumpulan data untuk variabel kemampuan diri, potensi belajar, dan kebiasaan kerja menggunakan metode angket, sedangkan untuk variabel kompetensi siswa dengan metode dokumentasi. Pengujian prasyarat analisis pada penelitian ini meliputi uji normalitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedasitas. Analisis data dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif untuk mengetahui gambaran variabel dan teknik pengujian regresi linier sederhana dan berganda digunakan untuk menguji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kemampuan diri sebagian besar siswa (56,63%) termasuk dalam kategori tinggi, potensi belajar sebagian besar siswa (65,06%) termasuk dalam kategori tinggi, kebiasaan kerja yang baik dimiliki sebagian besar siswa (77,11%) termasuk dalam kategori tinggi, dan kompetensi sebagian besar siswa kelas XII TITL SMK 1 Sedayu Bantul (96,39%) termasuk dalam kategori kompeten; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan diri terhadap kompetensi siswa sebesar 31,9%; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan potensi belajar terhadap kompetensi siswa sebesar 23,3%; (4) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kebiasaan kerja terhadap kompetensi siswa sebesar 32,5%; (5) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan kemampuan diri, potensi belajar, dan kebiasaan kerja secara bersama-sama terhadap kompetensi siswa pada kelompok mata pelajaran produktif Program Keahlian Teknik Instalasi Tenaga Listrik kelas XII di SMK 1 Sedayu Bantul sebesar 46,9%. Kata kunci: kebiasaan kerja, kemampuan diri, kompetensi siswa, potensi belajar
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Elektro |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 12:46 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:52 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24886 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |