Hubungan Pelaksanaan Pendidikan Karakter dan Bimbingan Karir terhadap Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2013/2014

Chandra, Nur Husna Mussama (2015) Hubungan Pelaksanaan Pendidikan Karakter dan Bimbingan Karir terhadap Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2013/2014. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Chandra Nur Husna Mussama 07505241016.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hubungan Pelaksanaan Pendidikan Karakter dan Bimbingan Karir terhadap Kesiapan Mental Kerja Siswa Kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2013/2014 Oleh: Chandra Nur Husna Mussama NIM. 07505241016 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri 2 Wonosari, (2) pelaksanaan bimbingan karir di SMK Negeri 2 Wonosari, (3) kesiapan mental kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari, (4) besarnya hubungan pelaksanaan Pendidikan Karakter dan bimbingan karir baik secara sendiri-sendiri maupun scara bersama-sama terhadap kesiapan mental kerja siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari Tahun Ajaran 2013/2014 yang berjumlah 62 siswa dan sampel berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi dan metode kuesioner. Validitas instrumen dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi product moment dan reliabilitas menggunakan rumus Alpha Croncbach. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) 72,5% siswa menilai pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri 2 Wonosari tegolong baik, (2) 62,5% siswa menilai pelaksanaan bimbingan karir di SMK Negeri 2 Wonosari tegolong efektif, (3) 55% siswa kelas XI Program Studi Keahlian Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Wonosari termasuk dalam kategori tinggi dalam hal kesiapan mental kerja, (4) Terdapat hubungan positif dan tidak signifikan pelaksanaan pendidikan karakter terhadap kesiapan mental kerja yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 0,486 pada taraf signifikansi 5% (thitung > ttabel) yaitu 0,486 < 2,021 dan koefisien korelasi sebesar 0,127. Terdapat hubungan positif dan signifikan Bimbingan Karir terhadap kesiapan mental kerja yang ditunjukkan dengan nilai thitung sebesar 4,884 pada taraf signifikansi 5% (thitung > ttabel) yaitu 4,884 > 2,021 dan koefisien korelasi sebesar 1,082. Terdapat hubungan positif dan signifikan pelaksanaan pendidikan karakter dan Bimbingan Karir secara bersama-sama terhadap kesiapan mental kerja siswa yang ditunjukkan dengan nilai Fhitung sebesar 20,272 pada taraf signifikansi 5% (Fhitung > Ftabel) yaitu 20,272 > 3,23 dan koefisien determinasi sebesar 0,523 atau sumbangan efektif sebesar 52,3%. Kata kunci: Pendidikan Karakter, bimbingan Karir, Kesiapan Mental Kerja

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 12:42
Last Modified: 30 Jan 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24879

Actions (login required)

View Item View Item