PENINGKATAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN DENGAN PENERAPAN MODEL TIME TOKEN DI KELAS X JASA BOGA 3 SMK NEGERI 3 PURWOREJO

Chandra Dewi Ardhiani, Dewi Ardhiani (2015) PENINGKATAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN DENGAN PENERAPAN MODEL TIME TOKEN DI KELAS X JASA BOGA 3 SMK NEGERI 3 PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
CHANDRA DEWI ARDHIANI NIM.10511244035.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PRESTASI SISWA PADA MATA PELAJARAN PENGETAHUAN BAHAN MAKANAN DENGAN PENERAPAN MODEL TIME TOKEN DI KELAS X JASA BOGA 3 SMK NEGERI 3 PURWOREJO Oleh : Chandra Dewi Ardhiani NIM 10511244035 ABSTRAK Tujuan penelitian ini dirancang untuk : (1) mengetahui peningkatan keaktifan belajar siswa kelas X Jasa Boga 3 setelah menggunakan model pembelajaran Time Token pada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan di SMK Negeri 3 Purworejo, (2) mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas X Jasa Boga 3 setelah menggunakan metode pembelajaran Time Tokenpada mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan di SMK Negeri 3 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Purworejo dengan subyek penelitian adalah siswa kelas X Jasa Boga 3 yang berjumlah 31 siswa. Desain penelitian ini adalah model spiral dari Kemmis dan Taggart (1988) yang memiliki 4 tahap yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data dikumpulkan dengan catatan lapangan, observasi, dokumentasi, dan tes.Analisis data dilakukan dengan analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini diketahui bahwa: (1) peningkatan keaktifan belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran Time Token terbukti bahwa pada pra siklus menunjukkan presentase keaktifan siswa yang telah melakukan kegiatan sesuai aspek yang diamati sebesar 23,22% dan yang tidak sebesar 76,78% kemudian pada siklus 1 presentase keaktifan siswa meningkat sebesar 50,97% yaitu siswa yang telah melakukan kegiatan sesuai aspek yang diamati menjadi 74,19% dan yang tidak sebesar 25,81%. Setelah itu presentase keaktifan pada siklus 2 meningkat sebesar 49,05% yaitu menjadi sebesar 100% siswa telah melakukan kegiatan sesuai denga aspek yang diamati. Presentase keaktifan pada siklus 2 sudah mencapai lebih dari 75%, (2) mengalami peningkatan prestasi belajar siswa dengan penerapan model pembelajaran Time Token. Hal ini dibuktikan dengan presentase siswa pada pra siklus sebesar 22,5% dan siswa yang belum tuntas sebesar 77,5%, presentase ketuntasan siswa pada siklus 1 sebesar 35,4% dan siswa yang belum tuntas sebesar 64,6%, presentase siswa pada siklus 2 sebesar 100%. Presentase peningkatan pada pra siklus ke siklus 1 sebesar 12,9% dan pada siklus 1 ke siklus 2 sebesar 64,6%. Pada siklus 2 semua siswa sudah memperoleh nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model Time Token dapat meningkatkan prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran pengetahuan bahan makanan pada siswa kelas X Jasa Boga 3 di SMK N 3 Purworejo. Kata kunci :peningkatan prestasi siswa, pengetahuan bahan makanan, model pembelajaran Time Token

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 12:23
Last Modified: 30 Jan 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24877

Actions (login required)

View Item View Item