Pengembangan Model Art-Math pada Materi Pembelajaran Matematika Kelas XI SMK Jurusan Seni Tari Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kedisiplinan Siswa

Heryani, Agustin pandhuniawati (2015) Pengembangan Model Art-Math pada Materi Pembelajaran Matematika Kelas XI SMK Jurusan Seni Tari Ditinjau dari Prestasi Belajar dan Kedisiplinan Siswa. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-agustin-pandhuniawati-heryani-13709251046.swf

Download (68MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran Art-Math yang layak untuk meningkatkan prestasi belajar matematika dan kedisiplinan siswa kelas XI SMK jurusan seni tari. Penelitian pengembangan ini mengacu langkah yang dikembangkan oleh Thiagarajan (4D). Desain pengembangan tersebut dikelompokkan dalam empat prosedur pengembangan yang meliputi: (1) penentuan batasan, (2) desain, (3) pengembangan, dan (4) penyebarluasan produk. Subjek uji coba adalah siswa dan guru matematika kelas XI T1 dan XI T3 SMK Negeri 1 Kasihan, Bantul. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi, angket respon guru, angket kedisiplinan siswa, soal pre-test, soal post-test, lembar aktivitas siswa, dan lembar pengamatan. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan kuantitatif. Analisis deskriptif menggunakan hasil penilaian ahli, angket respon guru dan angket kedisiplinan siswa, hasil pengisian lembar pengamatan, dan hasil pre-test serta post-test, sedangkan analisis kuantitatif menggunakan gain ternormalisasi. Hasil pengembangan menunjukkan model Art-Math valid dengan beberapa revisi berdasarkan hasil pengujian ahli. Model Art-Math berdasarkan lembar pengamatan pembelajaran dan angket respon guru praktis dan mudah dilaksanakan. Hasil uji coba pengembangan menunjukkan, model Art-Math efektif meningkatkan prestasi belajar siswa, tetapi belum efektif dalam meningkatkan kedisiplinan siswa. Berdasarkan hasil uji ahli dan uji coba pengembangan, telah didapatkan model Art-Math yang telah direvisi.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: model, pembelajaran, model pembelajaran, seni, matematika, art-math, pembelajaran berbasis seni
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan Matematika
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Aug 2015 08:20
Last Modified: 09 May 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24876

Actions (login required)

View Item View Item