TINGKAT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN DI SMK N 3 YOGYAKARTA

Chabib, Zulkarahman (2015) TINGKAT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN DI SMK N 3 YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Chabib Zulkarahman 09505244019.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

TINGKAT IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN ILMU BANGUNAN DI SMK N 3 YOGYAKARTA Oleh: Chabib Zulkarahman 09505244019 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat implementasi persiapan dan perencanaan mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (2) tingkat implementasi pelaksanaan proses pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta, (3) tingkat implementasi penilaian pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta (4) implementasi pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian survai dengan metode penelitian deskriptif yang dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta pada bulan Juli 2014. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X mata pelajaran Ilmu Bangunan Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta berjumlah 88 siswa. Penentuan besar jumlah sampel menggunakan rumus dari Issac dan Michael, didapat sampel sejumlah 72 siswa. Jumlah sampel setiap kelas diambil secara proportional dan random terhadap populasi yang bersangkutan. Metode pengumpulan data menggunakan angket bersifat tertutup dan dokumentasi. Uji validitas konstruk instrumen dengan expert judgement dan pengujian validitas isi dengan uji korelasi antar item. Uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Analisis data deskriptif kuantitatif dengan bantuan program SPSS v.16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persiapan dan perencanaan pembelajaran pada mata pelajaran Ilmu Bangunan berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 70,61 (72,92%), pelaksanaan proses pembelajaran pada kategori baik (58,33%) dengan rerata skor sebesar 14,5 (72,50%). Dan penilaian pembelajaran pada kategori baik (61,11%) dengan rerata skor sebesar 16,11 (80,55%). Sehingga implementasi pembelajaran mata pelajaran Ilmu Bangunan siswa kelas X Jurusan Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta berada dalam kategori baik dengan rerata skor sebesar 101,22 (74,43%). Kata kunci: Implementasi Pembelajaran, Ilmu Bangunan

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 12:18
Last Modified: 30 Jan 2019 01:52
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24875

Actions (login required)

View Item View Item