Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru, Aktivitas Belajar Siswa dan Sarana Prasarana Belajar terhadap Hasil Belajar PKn di SMP Negeri Kabupaten Bantul

Hariyadi, Slamet (2015) Pengaruh Kemampuan Mengajar Guru, Aktivitas Belajar Siswa dan Sarana Prasarana Belajar terhadap Hasil Belajar PKn di SMP Negeri Kabupaten Bantul. S2 thesis, UNY.

[img] Text
tesis-slamet-hariyadi-13705251051.swf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang positif dan signifikan antara kemampuan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan sarana prasarana terhadap hasil belajar PKn siswa di SMP Negeri Kabupaten Bantul secara sendiri-sendiri maupun secara bersama-sama. Jenis penelitian ini adalah penelitian ex-postfacto. Populasi penelitian ini adalah SMP Negeri di Kabupaten Bantul. Pengambilan sampel menggunakan sampel berstrata diperoleh 3 SMP di Kabupaten Bantul yaitu SMP Negeri 1 Bantul, SMP Negeri 1 Imogiri dan SMP Negeri 2 Jetis. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang digunakan untuk mengumpulkan data terkait dengan kemampuan mengajar guru, aktivitas belajar siswa dan sarana prasarana belajar yang tersedia di sekolah. Validitas instrumen diukur dengan analisis faktor, dan reliabilitasnya dengan rumus Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data menggunakan regresi sederhana dan regresi ganda dengan signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan mengajar guru terhadap hasil belajar PKn siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantul dengan koefisien regresi sebesar 0,817, p=0,023<0,05; (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan aktivitas belajar siswa terhadap hasil belajar PKn siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantul dengan koefisien regresi sebesar 0,560, p=0,000<0,05; (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan sarana prasarana terhadap hasil belajar PKn siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantul dengan koefisien regresi sebesar 0,676, p=0,001<0,05 dan, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan kemampuan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, dan sarana prasarana secara bersama-sama (simultan) terhadap hasil belajar PKn siswa SMP Negeri di Kabupaten Bantul dengan nilai F=76.280, P=0,000<0,05dan B=75.230. Kuatnya kontribusi X1, X2, dan X3 terhadap Y teramati dari besarnya koefisien regresi R=0,767; dan p<0,05 atau memberikan sumbangan efektif 68,0% terhadap hasil belajar PKn.

Item Type: Thesis (S2)
Uncontrolled Keywords: kemampuan mengajar guru, aktivitas belajar siswa, sarana prasarana belajar, hasil belajar pkn
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Sekolah Pascasarjana (SPS) > Program Pascasarjana > Pendidikan IPS
Depositing User: Perpustakaan Pascasarjana
Date Deposited: 13 Aug 2015 08:20
Last Modified: 09 May 2019 02:35
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24873

Actions (login required)

View Item View Item