PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PENDIDIKAN SEKOLAH (MVPS) SECARA MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI MATERI PRISMA DAN LIMAS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP PIRI NGAGLIK YOGYAKARTA

Sriyono, . (2010) PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PENDIDIKAN SEKOLAH (MVPS) SECARA MANDIRI DALAM PEMBELAJARAN GEOMETRI MATERI PRISMA DAN LIMAS PADA SISWA KELAS VIII DI SMP PIRI NGAGLIK YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.

[img] Text
PENGGUNAAN_MEDIA_VIDEO_PENDIDIKAN_SEKOLAH_(MVPS).rtf

Download (37kB)
[img] Text
PENGGUNAAN_MEDIA_VIDEO_PENDIDIKAN_SEKOLAH_(MVPS).rtf

Download (37kB)

Abstract

Penelitian ini mempuyai empat tujuan, yang pertama (1) Mengetahui apakah rata-rata prestasi belajar geometri materi prisma dan limas siswa kelas VIII SMP PIRI Ngaglik mencapai standar ketuntasan dengan pembelajaran menggunakan MVPS. (2) Mengetahui prestasi belajar siswa kelas VIII di SMP PIRI Ngaglik.dalam pembelajaran geometri materi prisma dan limas dengan menggunakan media CD pembelajaran MVPS. (3) Mengetahui daya tarik CD pembelajaran MVPS, dan pengaruhnya terhadap peningkatan kemandirian belajar siswa Kelas VIII SMP PIRI Ngaglik Yogyakarta dalam belajar geometri, dan yang terakhir adalah (4) Mengetahui respons yang diberikan oleh siswa kelas VIII di SMP PIRI Ngaglik setelah menggunakan CD pembelajaran MVPS dalam belajar geometri materi prisma dan limas. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen dengan memilih pola eksperimen simple randomized design yakni pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara sembarang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP PIRI Ngaglik Yogyakarta tahun pelajaran 2009/2010. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas control. Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata pretest 11,206 dan pada postest diperoleh rata-rata 27.088 atau naik sebesar 15,882. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest adalah 11,294 dan pada postest diperoleh rata-rata 21,471 atau naik sebesar 10,176. Setelah dilakukan uji ketuntasan, diperoleh thitung = 6,66 dan ttabel = 1,69 (dengan dk = 34 dan α = 5%). Karena thitung > ttabel, maka H0 ditolak. Berarti rata-rata prestasi belajar siswa kelas VIII SMP PIRI Ngaglik pada materi prisma dan limas dapat mencapai standar ketuntasan dengan menggunakan MVPS. Hasil perhitungan uji beda rata-rata diperoleh thitung = 4,705 dan ttabel = 1,67 (α = 5%, dk = 66). Karena thitung > ttabel, sehingga H0 ditolak. Berarti bahwa prestasi belajar siswa menggunakan MVPS lebih baik dari yang tidak menggunakan MVPS, dalam pembelajaran geometri materi prisma dan limas untuk siswa kelas VIII SMP PIRI Ngaglik. Rata-rata skor kemandirian belajar siswa kelompok kontrol adalah 2,167 (54,16%) termasuk kategori kurang baik Sedangkan rata-rata skor kemandirian belajar siswa kelompok eksperimen 2,559 (63,97%) termasuk kategori cukup baik. Siswa memberikan respon yang sangat positif setelah mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Jul 2012 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2487

Actions (login required)

View Item View Item