APLIKASI TEORI GRAF DAN ALGORITMA BACKTRACK DALAM PENYELESAIAN MASALAH PERJALANAN BIDAK KUDA (KNIGHT’S TOUR) PADA PAPAN CATUR

Srianto, Srianto (2010) APLIKASI TEORI GRAF DAN ALGORITMA BACKTRACK DALAM PENYELESAIAN MASALAH PERJALANAN BIDAK KUDA (KNIGHT’S TOUR) PADA PAPAN CATUR. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_KNIGHTS_TOUR_7.pdf

Download (186kB) | Preview

Abstract

Knight’s tour pada papan catur adalah suatu rangkaian perjalanan bidak kuda catur pada papan catur sehingga seluruh kotak terlewati oleh kuda tepat satu kali. Menurut jenisnya Knight’s tour dibedakan menjadi dua yaitu Open Knight’s tour dan Close Knight’s tour. Open Knight’s tour adalah perjalanan bidak kuda yang harus mampu melewati semua kotak pada bidang catur tepat satu kali dan tidak kembali ke kotak awal. Dalam permasalahan teori graf hal itu dikenal dengan lintasan Hamilton, sedangkan Close Knight’s tour adalah perjalanan bidak kuda yang harus melewati semua kotak bidang tepat satu kali dan harus dapat kembali ke kotak awal. Dalam teori graf hal itu dikenal dengan siklus Hamilton. Banyak algoritma yang telah ditemukan untuk menyelesaikan Knight’s tour, salah satunya algoritma Backtrack. Algoritma Backtrack merupakan suatu algoritma perbaikan dari algoritma Brute Force dengan menggunakan algoritma rekursif dan berbasis pada DFS (Depth-First Search) dalam mencari solusi. Selain itu, algoritma ini juga merupakan metode yang mencoba-coba dari beberapa keputusan sampai menemukan salah satu solusi. Algoritma Backtrack ini mampu mencari ada atau tidak adanya solusi Close Knight’tour dan Open Knight’tour. Pada pembahasan skripsi ini lebih difokuskan pada proses penyelesaian Open Knight’s tour dan Close Knight’s tour pada papan catur berukuran mxn dengan m≤12 dan n≤12 menggunakan algoritma Backtrack. Penyelesaian Open Knight’s tour dan Close Knight’s tour menggunakan algoritma Backtrack menghasilkan solusi berupa lintasan Hamilton atau siklus Hamilton pada papan catur. Penyelesaian Knight’s tour ini memunculkan beberapa kasus diantaranya adalah karakter papan catur yang mempunyai atau tidak mempunyai solusi. Selanjutnya adalah kasus jika dimulai dari kotak awal yang berbeda dan solusi tunggal atau tidak tunggal. Jika dapat ditemukan solusi Close Knight’s tour pada suatu kotak sebagai kotak awalnya maka akan dapat ditemukan juga solusi Close Knight’s tour di kotak lain sebagai kotak awalnya. Hal itu tidak berlaku pada Open Knight’s tour, kotak awal dimulainya perjalanan kuda sangat mempengaruhi ada atau tidak adanya solusi Open Knight’s tour pada papan catur. Algoritma Backtrack dapat dibuat menjadi perangkat lunak, sehingga proses pencarian solusi Open Knight’s tour dan Close Knight’s tour akan lebih cepat dibandingkan dengan pencarian secara manual. Hasil yang didapatkan antara pencarian dengan program algoritma Backtrack sama dengan pencarian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Jul 2012 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2486

Actions (login required)

View Item View Item