Carolus, Adi Purwono (2015) KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
Carolus Adi Purwono 06504244036.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR DAN KEMANDIRIAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN SMK NEGERI 1 CANGKRINGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 Oleh : Carolus Adi Purwono NIM. 06504244036 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi motivasi belajar dan kemandirian belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Cangkringan semester gasal Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan pendekatan ex post facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 64 siswa. Penarikan sampel ditentukan dengan teknik Simple Random Sampling. Berdasarkan rumus Slovin, jumlah sampel yang diambil dari populasi 64 siswa adalah sebanyak 56 siswa secara acak. Metode pengumpulan data menggunakan angket untuk mengukur variabel motivasi belajar siswa dan variabel kemandirian belajar siswa. Data hasil belajar siswa diambil menggunakan metode dokumentasi, yakni berupa rata-rata nilai Ujian Akhir Semester Gasal siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 1 Cangkringan. Uji validitas instrumen dengan menggunakan korelasi product moment, dan reliabilitas instrumen menggunakan rumus Alpha Cronbach’s. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dengan rumus Kolmogorov-Smirnov dan uji linieritas. Analisis data menggunakan korelasi product moment, korelasi ganda, serta mencari kontribusi relatif (SR%) dan kontribusi efektif (SE%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat kontribusi yang positif dari motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dengan rhitung 0,474, SR%=53% dan SE%=17%; (2) Terdapat kontribusi yang positif dari kemandirian belajar siswa terhadap hasil belajar siswa, dengan rhitung 0,455, SR%=47% dan SE%=15,1%; (3) Terdapat kontribusi yang positif dari motivasi belajar dan kemandirian belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa, dengan Rhitung 0,567, dengan SR%=100% dan SE%=32,1%. Kata Kunci: Motivasi Belajar Siswa, Kemandirian Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Otomotif |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Otomotif |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 11:00 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24855 |
Actions (login required)
View Item |