PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSIPROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Candra, Setiawan (2015) PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSIPROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
CANDRA SETIAWAN 1051824004.pdf

Download (94MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PNEUMATIK DENGAN MENGGUNAKAN METODE DISKUSIPROGRAM KEAHLIAN ELEKTRONIKA INDUSTRI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh : Candra Setiawan NIM 10518244004 ABSTRAK Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pneumatik kelas XII Elektronika Industri melalui metode pembelajaran diskusi. Ada dua aspek yang ditingkatkan yaitu kemampuan aspek afektif dan aspek kognitif. Penelitian dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Prambanan dengan subjek penelitian ini adalah siswa kelas X paket keahlian Elektronika Industri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas adalah penelitian yang bersiklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi aktivitas siswa untuk mengetahui peningkatan aspek afektif siswa dan instrumen pre-test, post-test serta dokumen nilai siswa tahun sebelumnya untuk mengetahui peningkatan aspek kognitif siswa. Analisis data yang digunakan adalah dengan deskriptif kualitatif. Kriteria keberhasilan yang ditetapkan untuk masing-masing indikator pengamatan aktivitas siswa adalah 75% siswa dinyatakan lulus dan nilai rata-rata kelas memperoleh minimal 85. Hasil penelitian diketahui bahwa: (1) penerapan metode pembelajaran diskusi dapat meningkatkan kemampuan aspek afektif siswa. Siklus I persentase siswa lulus sebesar 64%, meningkat pada Siklus II menjadi 76%, (2) penerapan model pembelajaran diskusi dapat meningkatkan kemampuan aspek kognitif siswa. Persentase siswa lulus tahun sebelumnya sebesar 72,24% meningkat pada post-test Siklus I menjadi 87.5% dengan nilai rata-rata 84.66. Setelah dilanjutkan Siklus II, aspek kognitif mengalami peningkatan. Pada post-test Siklus II persentase siswa lulus menjadi 100% dengan nilai rata-rata 90.63. Kata kunci : keaktifan, diskusi, hasil belajar, penelitian tindakan kelas, pneumatik

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Mekatronika
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Mekatronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 10:56
Last Modified: 30 Jan 2019 01:51
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24852

Actions (login required)

View Item View Item