Camelia, Nucivera Edyus (2015) HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN CAFÉ DI DUSUN SAGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA. S1 thesis, UNY.
|
Text
Camelia Nucivera Edyus - 09511244027.pdf Download (9MB) | Preview |
Abstract
HUBUNGAN ANTARA KUALITAS PELAYANAN DAN PRODUK DENGAN KEPUASAN KONSUMEN CAFÉ DI DUSUN SAGAN KABUPATEN SLEMAN YOGYAKARTA Oleh : Camelia Nucivera Edyus NIM 09511244027 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kualitas layanan café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta, 2) kualitas produk café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta, 3) kepuasan konsumencafé di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta, 4) hubungan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta,5) hubungan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta,6) hubungan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama sama dengan kepuasan konsumen café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian ini merupakan penelitianex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di tiga jenis café di daerah dusun Sagan Kabupaten Sleman Yogyakarta yakni, Cafe Chez Moi Pattisier & Chocolatier, Cafe Indiecology dan Cafe Pancake’s Company. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen yang berkunjung ketiga jenis café tersebut sejumlah 330 pelanggan perhari. Penentuan sampel dalam penelitian ini termasuk dalam nonprobality sampling yakni sampling incidental. sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 181 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas menggunakan rumus korelasi product moment, dan uji reliabilitas menggunakan rumus koefisien alpha. Teknik analisis data terdiri dari uji prasyarat analisis data dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Kualitas pelayanan café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta sebagian besar dalam kategori cukup, 2) kualitas produk café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta sebagian besar dalam kategori cukup, 3) kepuasan konsumen café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta sebagian besar dalam kategori cukup, 4) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dengan kepuasan konsumen café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta, yang dibuktikan dengan nilai r hitung sebesar 0,562 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000<0,05), 5) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas produk dengan kepuasan konsumen café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta yang dibuktikan dengan nilai r hitung sebesar 0,499 dan nilai signifikansi kurang dari 0,05 (0,000<0,05), 6) terdapat hubungan positif dan signifikan antara kualitas pelayanan dan kualitas produk secara bersama-sama dengan kepuasan konsumen café di Dusun Sagan Sleman Yogyakarta yang dibuktikan dengan nilai R hitung sebesar 0,686 dan nilai signifikan sikurang dari 0,05 (0,000<0,05). Variabel kualitas pelayanan dan kualitas produk memberikan sumbangan hubungan kepada variable kepuasan konsumen sebesar 47,0%, sedangkan 53,0% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Konsumen
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Teknik & Teknologi > Teknik Boga dan Busana |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Tata Boga |
Depositing User: | Margiyanti |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 10:43 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:51 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24846 |
Actions (login required)
View Item |