HUBUNGAN POWER TUNGKAI DAN POWER LENGAN DENGAN KEMAMPUAN CLEAN AND JERK ATLET ANGKAT BESI PUTRI DI KABUPATEN SLEMAN

Sayidati Insyani (2015) HUBUNGAN POWER TUNGKAI DAN POWER LENGAN DENGAN KEMAMPUAN CLEAN AND JERK ATLET ANGKAT BESI PUTRI DI KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Skripsi.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kemampuan Clean and jerk atlet angkat besi putri di Kabupaten Sleman di setiap tes rekor angkatan sulit mengalami peningkatan, karena hubungan power tungkai dan power lengan terhadap kemampuan Clean and jerk belum diketahui. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara power tungkai dan power lengan dengan kemampuan Clean and jerk atlet angkat besi putri di Kabupaten Sleman. Sehingga dengan hasil yang diperoleh, pelatih dapat menyusun program latihan yang sesuai dengan komponen tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi penelitian ini adalah seluruh atlet angkat besi putri di PABBSI Kabupaten Sleman, yang berjumlah 15 atlet. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survey. Teknik pengambilan data menggunakan tes dan pengukuran. Instrumen yang digunakan adalah Vertical jump untuk variabel power tungkai, Medicine Ball Push untuk veriabel power lengan, dan Stick angkat besi putri dan barbel untuk variabel Clean and jerk. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi dan korelasi, baik secara sederhana, maupun ganda, melalui uji prasyarat linieritas. Hasil penelitian ada hubungan yang signifikan antara power tungkai dengan kemampuan Clean and jerk atlet angkat besi di Kabupaten Sleman yang berarti hipotesis (Ha) diterima, ada hubungan yang tidak signifikan antara power lengan dengan kemampuan Clean and jerk atlet angkat besi di Kabupaten Sleman yang berarti hipotesis (Ha) ditolak. Secara bersama-sama ada hubungan yang signifikan antara power tungkai dan power lengan terhadap kemampuan Clean and jerk atlet angkat besi putri di Kabupaten Sleman yang berarti hipotesis (Ha) diterima.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Hubungan, power tungkai, power lengan, kemampuan clean and jerk.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Aug 2015 08:14
Last Modified: 11 Mar 2019 02:14
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24841

Actions (login required)

View Item View Item