PENGARUH PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN

BUDIMAN, PRATAMA PUTRA (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Budiman 10505241022.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

PENGARUH PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER KEPRAMUKAAN DAN IKLIM SEKOLAH TERHADAP PRESTASI HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN PAKET KEAHLIAN TEKNIK GAMBAR BANGUNAN PADA SISWA KELAS XI PROGRAM KEAHLIAN TEKNIK BANGUNAN SMK NEGERI 1 SEYEGAN Oleh : BUDIMAN PRATAMA PUTRA NIM. 10505241022 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran ekstrakurikuler kepramukaan dan iklim sekolah terhadap prestasi hasil belajar siswa mata pelajaran paket keahlian teknik gambar bangunan pada kelas XI program keahlian teknik bangunan SMK Negeri 1 Seyegan. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-post Facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI program keahlian teknik bangunan sejumlah 63 siswa. Sampel penelitian sebanyak 53 siswa yang ditentukan dengan teknik proportional random sampling. Pengumpulan data variabel pembelajaran ekstrakurikuler kepramukaan dan iklim sekolah menggunakan angket skala likert. Variabel prestasi hasil belajar mata pelajaran paket keahlian menggunakan dokumentasi nilai rapor. Validasi instrument angket diuji dengan Judgement experts dan dianalisis menggunakan rumus korelasi Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji persyaratan analisis normalitas, linearitas, dan multikolinieritas diuji sebelum uji hipotesis. Sedangkan hipotesis diuji dengan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pembelajaran ekstrakurikuler kepramukaan termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata skor = 57,36 dalam rentang 0 – 80; (2) iklim sekolah termasuk dalam kategori baik dengan dengan rata-rata skor = 72,68 dalam rentang 0 – 100; (3) prestasi hasil belajar siswa mata pelajaran paket keahlian termasuk dalam kategori cukup dengan rata-rata nilai = 80,32 dalam rentang 75 – 90; (4) pembelajaran ekstrakurikuler kepramukaan tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi hasil belajar siswa mata pelajaran paket keahlian, dibuktikan dengan thitung(1,987) < ttabel (2,0075); (5) iklim sekolah memiliki pengaruh yang signifikan terhadap prestasi hasil belajar siswa mata pelajaran paket keahlian, dibuktikan dengan thitung(2,986) > ttabel (2,0075); (6) pembelajaran ekstrakurikuler kepramukaan dan iklim sekolah memiliki pengaruh yang signifikan secara bersama-sama terhadap prestasi hasil belajar siswa mata pelajaran paket keahlian dibuktikan dengan Fhitung (10,787) >Ftabel (1,62) dan sumbangan efektif sebesar 30,1%. Kata kunci: Pembelajaran Ekstrakurikuler Kepramukaan, Iklim sekolah, Prestasi Hasil Belajar Mata Pelajaran Paket Keahlian

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Sipil dan Perencanaan
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 10:23
Last Modified: 30 Jan 2019 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24835

Actions (login required)

View Item View Item