PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SD NEGERI SE KECAMATAN SEMANU

Rochani (2015) PERAN GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR DALAM MENINGKATKAN PELAKSANAAN USAHA KESEHATAN SEKOLAH DI SD NEGERI SE KECAMATAN SEMANU. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_ROCHANI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan kegiatan usaha kesehatan sekolah guru pendidikan jasmani mempunyai peran yang penting selain petugas kesehatan yang lainnya, karena guru pendidikan jasmani mempunyai pengetahuan akan kesehatan, anatomi, fisiologi, dan sebagainya. Tetapi pada umumnya belum tentu setiap tatap muka guru pendidikan jasmani memberikan pengetahuan tentang kesehatan tetapi hanya mengajar olahraga. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa besar peran guru pendidikan jasmani dalam meningkatkan pelaksanaan kegiatan Usaha Kesehatan Sekolah Sekolah Dasar Negeri se- Kecamatan Semanu. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan metode survai dengan teknik angket atau kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Semanu yang berjumlah 28 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh populasi yaitu 28 guru pendidikan jasmani di Sekolah Dasar Negeri se-Kecamatan Semanu. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sensus atau sampel total. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis diskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan pelaksanaan Usaha Kesehatan Sekolah di SD Negeri se-Kecamatan Semanu secara keseluruhan termasuk dalam kategori sedang (71,4%) dengan perincian pelaksanaan pendidikan kesehatan kategori sedang (64,3%), pelayanan UKS kategori sedang (82,1%), memantau aktifitas siswa kategori sedang (75,0%), dan melaksanakan kegiatan UKS kategori sedang (75,0%).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: guru pendidikan jasmani, usaha kesehatan sekolah, SD se-Kecamatan Semanu
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Aug 2015 08:14
Last Modified: 30 Jan 2019 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24834

Actions (login required)

View Item View Item