Pengaruh Penggunaan Media Software Fluidsim Dalam Pembelajaran Pneumatik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Kebumen

Budi, Utomo (2015) Pengaruh Penggunaan Media Software Fluidsim Dalam Pembelajaran Pneumatik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Kebumen. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Budi Utomo-07501241015.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Pengaruh Penggunaan Media Software Fluidsim Dalam Pembelajaran Pneumatik Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Di SMK Negeri 2 Kebumen ABSTRAK Penulis : Budi Utomo/NIM. 07501241015 Dosen Pembimbing : Totok Heru TM., M.Pd/NIP. 19680406 199303 1 001 Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran pneumatik pada pokok bahasan penggambaran diagram rangkaian, kontrol silinder, fungsi logika, pengaturan kecepatan silinder antara pembelajaran dengan menggunakan media software fluidsim dan pembelajaran dengan model konvensional pada siswa kelas XII SMK N 2 Kebumen Jurusan Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan pre test dan post test. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Kebumen, kelas XII program studi Teknik Instalasi Tenaga Listrik. Pemilihan kelas dilaksanakan secara random dan terpilihlah kelas XII TITL 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas TITL 1 sebagai kelas kontrol. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel terikat yaitu motivasi dan hasil belajar siswa setelah kelompok eksperimen mendapat perlakuan, dan variabel bebas yaitu model pembelajaran menggunakan media software fluidsim (kelompok eksperimen), model pembelajaran konvensional (kelompok kontrol). Metode pengumpulan data menggunakan metode tes dan angket. Analisis data menggunakan t test dengan bantuan software aplikasi SPSS 17. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata - rata peningkatan nilai hasil belajar pada kelompok eksperimen sebesar 37,06 dan kelompok kontrol sebesar 26,67. Hasil nilai t hitung < -t tabel (-3,546 < -1,997) dan signifikansi 0,001< 0,05. Artinya terdapat perbedaan peningkatan nilai hasil belajar yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Rata - rata peningkatan skor motivasi pada kelompok eksperimen sebesar 5,18 dan kelompok kontrol sebesar 1,67. Hasil uji t menyatakan nilai t hitung < -t tabel (-6,043 < -1,997) dan signifikansi 0,000 < 0,05. Artinya terdapat perbedaan peningkatan skor motivasi yang signifikan antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol. Rata-rata peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada kelompok kontrol, hal ini menunjukan bahwa pembelajaran pneumatik menggunakan media software fluidsim dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Kata kunci : Software Fluidsim, Motivasi, Hasil Belajar Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 10:19
Last Modified: 30 Jan 2019 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24832

Actions (login required)

View Item View Item