PENINGKATAN PENCAPAIAN KKM DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF RPL SISWA KELAS XI RPL SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO

Brillian, Stefani (2015) PENINGKATAN PENCAPAIAN KKM DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF RPL SISWA KELAS XI RPL SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
brillian stefani_10520241020.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

PENINGKATAN PENCAPAIAN KKM DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN PRODUKTIF RPL SISWA KELAS XI RPL SMK BATIK PERBAIK PURWOREJO Oleh: Brillian Stefani NIM. 10520241020 ABSTRAK Tujuan dilaksanakan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan pencapaian KKM mata pelajaran Produktif RPL dengan metode pembelajaran demonstrasi pada siswa kelas XI RPL SMK Batik Perbaik Purworejo. Jenis penelitian yang digunakan ialah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Reseach) dengan model penelitian Spiral Kemmis Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan di SMK Batik Perbaik Purworejo, dengan siswa kelas XI RPL yang menempuh mata pelajaran Produktif RPL sebanyak 28 siswa sebagai objek penelitiannya. Metode pengumpulan data dilakukan melalui data nilai siswa, dokumentasi, lembar observasi, dan catatan lapangan. Data yang telah diperoleh dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa jumlah siswa yang mencapai KKM pada saat pratindakan sebanyak 17 siswa atau 60% dari 28 siswa dengan nilai ratarata 76,57. Setelah dikenai tindakan pada Siklus I pertemuan pertama terjadi peningkatan pencapaian KKM menjadi 88% atau 23 siswa mencapai KKM dari 25 siswa dengan nilai rata-rata 82,6. Selanjutnya pada Siklus I pertemuan kedua mengalami penurunan pada pencapaian KKM siswa menjadi 72% atau 18 siswa mencapai KKM dari 25 siswa dengan nilai rata-rata 77,8. Terjadi peningkatan pencapaian KKM siswa pada Siklus II pertemuan pertama menjadi 73% atau 16 siswa dari 22 siswa mencapai KKM dengan nilai rata-rata 80. Pada akhir pertemuan kedua Siklus II terjadi peningkatan pencapaian KKM menjadi 84% atau 21 siswa dari 25 siswa dengan nilai rata-rata 81,6. Berdasarkan uraian di atas diketahui bahwa penggunaan metode pembelajaran demonstrasi dapat meningkatkan pencapaian KKM siswa kelas XI RPL pada mata pelajaran Produktif RPL. Kata Kunci : KKM, Produktif RPL, Demonstrasi.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 10:10
Last Modified: 30 Jan 2019 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24827

Actions (login required)

View Item View Item