ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA AKHIR TERHADAP PENERAPAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI SMA N 1 WONOSARI

Bonita, Destiana (2015) ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA AKHIR TERHADAP PENERAPAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI SMA N 1 WONOSARI. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bonita Destiana - 08520241007.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ANALISIS PENERIMAAN PENGGUNA AKHIR TERHADAP PENERAPAN SISTEM E-LEARNING DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM) DI SMA N 1 WONOSARI Oleh : Bonita Destiana 08520241007 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan pengguna terhadap penerapan sistem e-learning di SMA N 1 Wonosari. Model yang digunakan untuk menjelaskan penerimaan sistem elearning adalah Technology Acceptance Model (TAM) dengan 4 konstruk utama (internal variable). Jenis data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner tertutup. Jenis pengambilan sampel yang digunakan adalah probability sampling dengan teknik random sampling. Jumlah sampel sebanyak 66 siswa, dihitung menggunakan rumus Slovin dengan signifikansi 10%. Data yang diperoleh dianalisis dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software smartPLS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut : (1) persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh signifikan terhadap persepsi kegunaan (perceived usefulness); (2) persepsi kemudahan (perceived ease of use) berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan (attitude toward using); (3) persepsi kegunaan (perceived usefulness) berpengaruh signifikan terhadap sikap penggunaan (attitude toward using); (4) persepsi kegunaan (perceived usefulness) berpengaruh signifikan terhadap penerimaan sistem e-learning (acceptance of elearning system); (5) sikap penggunaan (attitude toward using) tidak berpengaruh terhadap penerimaan sistem e-learning (acceptance of e-learning system). Kata kunci : sistem e-learning, Technology Acceptance Model (TAM), persepsi kemudahan, persepsi kegunaan, sikap penggunaan, penerimaan sistem e-learning, Partial Least Square (PLS).

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Informatika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 12 Aug 2015 10:06
Last Modified: 30 Jan 2019 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24825

Actions (login required)

View Item View Item