KAJIAN BENTUK DAN MAKNA SIMBOLIS KESENIAN LENGGER TOPENG DI DUSUN KRANDEGAN DESA SUKOMAKMUR KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG

Puspitasari, Eka Rini (2014) KAJIAN BENTUK DAN MAKNA SIMBOLIS KESENIAN LENGGER TOPENG DI DUSUN KRANDEGAN DESA SUKOMAKMUR KECAMATAN KAJORAN KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Eka Rini Puspitasari 07205244138.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Kesenian Lengger Topeng Cahya Budoyo Sumbing merupakan bentuk kesenian yang begitu dibanggakan dan menjadi tradisi yang kuat dalam kehidupan masyarakat Dusun Krandegan. Kesenian Lengger Topeng di Dusun Krandegan dimanfaatkan oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhannya, antara lain untuk upacara nyadran, perkawinan, khitanan, penunjang kemeriahan upacara peringatan HUT RI, tontonan atau hiburan, dan sebagainya. Sesuai dengan permasalahan yang diajukan, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk penyajian dan makna simbolis yang terlihat dari tembang bentuk wajah, karakter, dan warna dasar topeng dalam kesenian Lengger Topeng di Dusun Krandegan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yang membahas atau mendeskripsikan bentuk penyajian dan makna simbolis yang terlihat dari tembang bentuk wajah, karakter, dan warna dasar topeng dalam kesenian Lengger Topeng di Dusun Krandegan, Desa Sukomakmur, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Untuk mengumpulkan data digunakan teknik observasi, teknik wawancara, teknik dokumentasi dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penyajian kesenian lengger topeng ditarikan oleh seorang penari lengger dan seorang pengibing sebagai penari pasangannya. Dalam kesenian itu ada dua adegan tetapi tidak berpasangan. Dilihat melalui karakter, jenis topeng, dan warna dasar topeng yang dipakai pada pertunjukan, makna dari topeng dalam kesenian Lengger Topeng adalah menggambarkan kehidupan manusia di dunia yang penuh dengan tantangan hidup serta menggambarkan sifat-sifat manusia yang ada di dunia ini. Nilai keindahan kesenian Lengger Topeng dapat dilihat dari gerak, pola lantai, tata rias, tata busana, serta iringannya.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: kajian bentuk, makna simbolis, kesenian lengger topeng, dusun krandegan
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 12 Aug 2015 10:02
Last Modified: 30 Jan 2019 01:50
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24822

Actions (login required)

View Item View Item