KORELASI ANTARA METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015

Erik Praja Manggala (2015) KORELASI ANTARA METODE DAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR MENENDANG BOLA MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SEKECAMATAN KALIKAJAR KABUPATEN WONOSOBO SEMESTER I TAHUN PELAJARAN 2014 / 2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Erik Praja Manggala_10604221058.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di dasari rasa keingintahuan peneliti akan perihal ada tidaknya korelasi antara metode dan media terhadap hasil belajar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam sehingga peneliti membuat penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui Korelasi antara metode dan media pembelajaran dengan hasil belajar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo semester I tahun pelajaran 2014 / 2015 dan seberapa besar korelasinya. Metode yang digunakan adalah metode survei dengan teknik pengumpulan data menggunakan angket. Subjek dalam penelitian ini adalah guru Penjasorkes SeKecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo yang berjumlah 22 orang guru, yang terdiri dari 12 orang guru Pria dan 10 orang guru wanita. Analisis data menggunakan teknik korelasi Rank Spearman dengan bantuan SPSS 18 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Metode pembelajaran berkorelasi signifikant dengan hasil belajar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo semester I tahun pelajaran 2014 / 2015 ini dibuktikan dari hasil analisis bahwa Correlation Coefficient (koefisien korelasi) sebesar Rho observasi = 0,534 > Rho tabel = 0, 428 2) Media pembelajaran berkorelasi signifikant dengan hasil belajar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas V SD Negeri SeKecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo semester I tahun pelajaran 2014 / 2015 ini dibuktikan dari hasil analisis Rho observasi = 0, ,852 ** > Rho tabel = 0, 428, 3) Metode dan Media pembelajaran berkorelasi signifikant dengan hasil belajar menendang bola menggunakan kaki bagian dalam pada siswa kelas V SD Negeri SeKecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo semester I tahun pelajaran 2014 / 2015 ini dibuktikan dari hasil analisis bahwa Ry (X1, X2 ) = 740 > Ry (X1, X2 ) = 0,872. *

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Metode, Media, Hasil Belajar.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 13 Aug 2015 08:13
Last Modified: 30 Jan 2019 01:49
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24801

Actions (login required)

View Item View Item