FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI LAKI-LAKI BERPROFESI SEBAGAI PERAWAT (Studi Di Beberapa Puskesmas Di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten)

Ika Puji Wulandari, Tiyan (2012) FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI LAKI-LAKI BERPROFESI SEBAGAI PERAWAT (Studi Di Beberapa Puskesmas Di Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Tiyan Ika Puji Wulandari 07413244004.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Perawat adalah seseorang yang berperan dalam merawat dan membantu seseorang dengan melindunginya dari sakit, luka, dan proses penyembuhan. Dalam profesi perawat sudah tercipta adil gender, namun dalam praktek keperawatannya sering kali masih terlihat suatu ketimpangan dalam melaksanakan tugas-tugasnya, seperti mengganti baju pasien atau mengantarkan pasien ke kamar mandi. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui faktor-faktor yang melatarbelakangi laki-laki berprofesi sebagai perawat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah perawat laki-laki di beberapa Puskesmas di Kecamatan Prambanan. Subyek penelitian diambil dengan teknik purposive sampling. Jumlah perawat laki-laki yang dijadikan sebagai informan sebanyak 9 orang, keluarga 3 orang dan istri perawat laki-laki sebanyak 3 orang, karena data dan informasi yang diperoleh telah memadai. Proses pengumpulan data dilakukan dengan wawancara semi terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Peneliti sendiri merupakan instrumen penelitian kualitatif ini, namun juga ditambah dengan pedoman wawancara dan pedoman observasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis interaktif Miles dan Huberman dengan 4 tahap yaitu; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor-faktor yang melatarbelakangi laki-laki berprofesi sebagai perawat dapat dibedakan menjadi dua yaitu faktor intern dan faktor ekstern. Faktor intern yang mempengaruhi laki-laki memilih profesi perawat adalah diri sendiri dan dorongan dari keluarga. Faktor diri sendiri antara lain: karena ada niat dari dalam diri, dan sudah menjadi cita-cita dari kecil, ingin cepat kerja, dan mempunyai jiwa sosial yang tinggi. Sedangkan faktor keluarga yaitu ingin melihat anaknya sukses dan memberikan masa depan yang baik untuk anaknya. Faktor ekstern yang menjadi faktor pendukung seorang individu menjadi perawat yaitu lingkungan sosial atau tempat tinggal dan faktor ekonomi. Kata Kunci: Perawat, Laki-Laki, Puskesmas.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 13 Aug 2015 08:13
Last Modified: 30 Jan 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24800

Actions (login required)

View Item View Item