UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN BERMAIN LOMPAT DAN LONCAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIGENUK KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO

Indarto (2015) UPAYA PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH GAYA JONGKOK DENGAN BERMAIN LOMPAT DAN LONCAT PADA SISWA KELAS V SD NEGERI SIGENUK KECAMATAN PITURUH KABUPATEN PURWOREJO. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI INDARTO NIM 13604227124.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya keaktifan dan gerak dasar lompatdalam pembelajaran lompat jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipeningkatan pembelajaran pendidikan jasmani materi pokok lompat jauh dengan bermain lompat dan loncat pada siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri sigenukkabupaten purworejo Desain Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsungdua siklus dan dalam setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Subjekpenelitian adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri Sigenuk Kecamatan PituruhKabupaten Purworejo sebanyak 19 siswa. Penelitian berlangsung dari awal bulan Mei sampai pertengahan bulan juni 2015. Data diambil sebelum prosespembelajaran, pada saat proses pembelajaran dan sesudah pembelajaran oleh peneliti bersama kolaborator, dengan menggunakan tabel observasi dan pendapat siswa melalui angket tanggapan siswa yang di bagikan sesudah pembelajaran. Penelitian ini di analisis dengan menggunakan teknik diskriptif kuantitatifpresentase. Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa ada peningkatan pembelajaransuasana kelas dan ketrampilan lompat jauh dengan bermain lompat dan loncat. Suasana kelas ditunjukkan dengan keaktifan hasil dari siklus I sampai siklus II100% anak dengan kategori baik (B) dan untuk perkembangan gerak dasar lompatjauh awalan 95% anak dalam kategori baik (B), 5% anak dalam kategori cukup.Tolakan 95% anak dalam kategori baik (B), 5% anak dalam kategori cukup (C). Sedangkan untuk mendarat 89 % anak katergori baik (B), 11% anak dalamkategori cukup (C).

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Lompat jauh, bermain, lompat dan loncat
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24788

Actions (login required)

View Item View Item