INTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA JAWA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I BUKATEJA DI KABUPATEN PURBALINGGA

Putri, Yuka Wirasa (2014) INTERFERENSI LEKSIKAL BAHASA INDONESIA DALAM BAHASA JAWA PADA KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI I BUKATEJA DI KABUPATEN PURBALINGGA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Yuka Wirasa Putri 07205244083.pdf

Download (773kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mendeskripsikan bentuk interferensi leksikal bahasa Indonesia dalam bahasa Jawa pada karangan siswa kelas VII SMP Negeri I Bukateja dan faktor penyebab terjadinya interferensi leksikal. Penelitian ini merupakan penelitian deskripstif yaitu mendesktripsikan bentuk interferensi yang terjadi dalam karangan narasi siswa. Setting penelitian ini berada di SMP Negeri I Bukateja Kabupaten Purbalingga pada semester II tahun ajaran 2012/2013. Analisis data menggunakan analisis deskriptif bentuk-bentuk interferensi leksikal berupa unsur dalam bahasa Indonesia yang mengacaukan konstruk kalimat dan makna dalam bahasa Jawa terutama dalam konstruk leksikal yang berupa kata dasar dan imbuhan yang terdapat pada karangan siswa dan mengorganisasikan hasil wawancara ke dalam suatu pola, kategori dan satuan uraian dasar sehingga ditemukan tema sesuai dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa interferensi leksikal yang terdapat dalam penelitian ini berupa interferensi leksikal kata pinjaman. Interferensi leksikal kata pinjaman dibagi menjadi dua yaitu : interferensi leksikal berimbuhan, dan interferensi kata ulang. Faktor penyebab interferensi dibagi menjadi lima diantaranya yaitu : (a) kedwibahasaan siswa, (b) kebiasaan siswa menggunakan bahasa Indonesia, (c) bahasa pengantar pembelajaran bahasa Jawa lebih sering menggunakan bahasa Indonesia, (d) pemahaman kata-kata dalam bahasa Jawa rendah, dan (e) keterbatasan kosakata.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Interferensi leksikal bahasa Indonesia dalam bahasa Jawa, karangan narasi
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa, Seni dan Budaya (FBSB) > Pendidikan Bahasa Daerah
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 11 Aug 2015 12:59
Last Modified: 30 Jan 2019 01:48
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24780

Actions (login required)

View Item View Item