KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS VIII SMP N 1 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG

Setia, Kusumawati (2010) KOMPARASI PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA ANTARA YANG MENGGUNAKAN STRATEGI PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DI KELAS VIII SMP N 1 CANDIMULYO KABUPATEN MAGELANG. S1 thesis, UNY.

[img] Text
KOMPARASI_PRESTASI_BELAJAR_MATEMATIKA_SISWA_ANTARA_YANG_MENGGUNAKAN_STRATEGI_PEMBELAJARAN.rtf

Download (48kB)
Official URL: http://www.uny.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan strategi pembelajaran konvensional dan keefektifan strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT serta membandingkan prestasi belajar matematika siswa SMP N 1 Candimulyo Kabupaten Magelang antara kelas yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional dan strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT pada pokok bahasan persamaan garis lurus. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 1 Candimulyo Kabupaten Magelang tahun ajaran 2009/2010. Sampel diperoleh dengan menggunakan undian dan terpilihlah dua kelas yaitu kelas VIII D sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII E sebagai kelompok kontrol dengan masing-masing kelas terdiri dari 39 siswa. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan instrumen pre test dan post test yang berupa soal uraian. Instrumen penelitian terdiri dari 4 butir soal. Analisis data yang digunakan adalah teknik statistika deskriptif dan teknik statistika inferensia menggunakan uji t dan uji Z. Hasil analisis data dengan statistika deskriptif adalah: (1) untuk kelompok eksperimen rata-rata skor awal 6,59 dengan simpangan baku 2,15 dan variansi 4,62; sedangkan rata-rata skor akhir 13,46 dengan simpangan baku 1,64 dan variansi 2,68; dari skor maksimal dan skor minimal yang mungkin berturut-turut 15 dan 0; (2) untuk kelompok kontrol rata-rata skor awal 6,85 dengan simpangan baku 1,87 dan variansi 3,50; sedangkan rata-rata skor akhir 11,74 dengan simpangan baku 1,48 dan variansi 2,20; dari skor maksimal dan skor minimal yang mungkin berturut-turut 15 dan 0. Hasil analisis statistik inferensia menyimpulkan bahwa: (1) strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT dan strategi pembelajaran konvensional efektif digunakan di SMP N 1 Candimulyo Kabupaten Magelang; (2) strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih efektif daripada strategi pembelajaran konvensional; dan (3) prestasi belajar matematika siswa yang menggunakan strategi pembelajaran kooperatif tipe NHT lebih baik dari pada yang menggunakan strategi pembelajaran konvensional

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Pendidikan Matematika > Matematika
Depositing User: Editor Pendidikan Matematika
Date Deposited: 20 Jul 2012 05:58
Last Modified: 29 Jan 2019 14:59
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/2478

Actions (login required)

View Item View Item