ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA JAWA PADA KARANGAN PERSUASI SISWA KELAS XI JURUSAN BAHASA SMA N 10 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013

Makmuroh, Umi (2013) ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA JAWA PADA KARANGAN PERSUASI SISWA KELAS XI JURUSAN BAHASA SMA N 10 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2012/2013. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Umi Makmuroh 07205241069.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan fonologi, kesalahan morfologi, kesalahan diksi, dan kesalahan sintaksis dalam karangan persuasi siswa kelas XI Jurusan Bahasa SMA N 10 Purworejo Tahun Ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah karangan persuasi siswa dengan objek penelitian berupa kesalahan berbahasa Jawa dalam karangan persuasi siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik baca dan catat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa tes mengarang, kartu data, dan tabel analisis. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu dilakukan dengan cara mengumpulkan karangan, membaca secara cermat dan menandai kesalahan yang muncul, mengelompokkan kesalahan dan mencatatnya dalam kartu data, mengidentifikasi tipe kesalahan pada tabel analisis, menganalisis kesalahan dan menginterpretasikannya. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan yaitu triangulasi teori dan expert judgement, sedangkan reliabilitasnya menggunakan reliabilitas intrarater. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesalahan bidang fonologi meliputi kesalahan pemakaian huruf vokal /a/ ditulis /o/, /a/ ditulis /e/, /i/ ditulis /e/, /u/ ditulis /o/. Kesalahan pemakaian konsonan /d/ ditulis /dh/, /dh/ ditulis /d/, /d/ ditulis /t/, /th/ ditulis /t/, /ng/ ditulis /h/. Pengurangan konsonan /g/, /h/, /k/, /w/, /y/, penambahan konsonan /h/, /m/, /t/. Kesalahan penulisan huruf kapital, kesalahan penulisan kata turunan, dan kesalahan pemakaian tanda baca. Kesalahan bidang morfologi meliputi kesalahan pemberian awalan, pemberian akhiran, dan kesalahan pemberian imbuhan bersama. Kesalahan bidang diksi meliputi penggunaan ragam ngoko yang seharusnya krama, penggunaan kosa kata bahasa Indonesia, kata tidak tepat, kata jadian dengan bentuk dasar bahasa Indonesia yang berimbuhan bahasa Jawa, kata tidak efektif, kata tidak baku, kata jadian dengan bentuk dasar ngoko yang berimbuhan krama, kata dialek daerah, kata jadian dengan bentuk dasar krama yang berimbuhan ngoko, kata ciptaan sendiri, dan kata bahasa Jawa yang berpartikel bahasa Indonesia. Kesalahan bidang sintaksis meliputi frase tidak efektif, frase tidak tepat, kesalahan urutan kata dalam frase, klausa tidak efektif, dan kalimat tidak lengkap.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: analisis kesalahan, karangan persuasi, bahasa jawa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 11 Aug 2015 12:50
Last Modified: 30 Jan 2019 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24773

Actions (login required)

View Item View Item