MODAL SOSIAL KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (STUDI KASUS KEGIATAN ORGANISASI DAN BISNIS KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA)

Santosa, Budi (2013) MODAL SOSIAL KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA (STUDI KASUS KEGIATAN ORGANISASI DAN BISNIS KOPERASI MAHASISWA UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA). S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
1. Cover-Daftar Isi.pdf

Download (6MB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. Abstrak.pdf

Download (87kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3. BAB I.pdf

Download (183kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4. BAB II.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
5. BAB III.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
6. BAB IV.pdf

Download (797kB) | Preview
[img]
Preview
Text
7. BABA V.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
8. Lampiran .pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
9. RINGKASAN.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Kopma UNY merupakan sebuah unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang sekaligus sebagai badan usaha perkoperasian. Organisasi ini tumbuh dan berkembang dengan menerapkan modal sosial dalam kegiatan-kegiatannya. Tujuan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui modal sosial yang dimiliki Kopma UNY dalam kegiatan-kegiatanya baik organisasi maupun bisnisnya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh melalui wawancara kepada elemen-elemen yang menjalankan organisasi, bisnis dan elemen lain yang turut berpartisipasi didalamnya serta didukung oleh data hasil studi pustaka dan dokumentasi. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Teknik validitas data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data menggunakan model analisis interakif Miles dan Huberman yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Modal sosial yang ada di Kopma UNY berupa kepercayaan, norma sosial, jaringan, dan inovasi. Modal sosial tersebut secara garis besar terletak pada seluruh kegiatan operasional baik di dalam organisasi maupun bisnis yang dijalankan setiap hari. Kepercayaan yang ada di Kopma UNY diberikan oleh berbagai pihak yakni mulai dari Civitas Akademika UNY, para suplier, organisasi-organisasi lain dan masyarakat secara umum. Norma yang ada melekat dalam setiap elemen di Kopma UNY yaitu berupa aturan-aturan yang disepakati bersama baik tertulis seperti pada tata tertib maupun tidak tertulis atau aturan lisan. Jaringan yang ada meliputi berbagai bentuk seperti adanya ikatan kuat dan ikatan lemah serta jaringan internal dan eksternal Kopma UNY. Inovasi yang ada di Kopma UNY terdapat diseluruh aktifitas/kegiatan dalam pengembangan Kopma UNY baik dari segi organisasi maupun bisnisnya. Kata kunci: Modal Sosial, Kopma UNY

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi
Depositing User: Admin Pendidikan Sosiologi FIS
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24768

Actions (login required)

View Item View Item