Suci Rahmawati, Lely (2014) UPAYA MENINGKATKAN KECAKAPAN PERSONAL SISWA MELALUI METODE LEARNING JOURNALS DALAM PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 SMA MUHAMMADIYAH 1 MUNTILAN. S1 thesis, UNY.
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (91kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text
BAB II.pdf Download (190kB) | Preview |
|
|
Text
BAB III.pdf Download (233kB) | Preview |
|
|
Text
BAB IV.pdf Download (423kB) | Preview |
|
|
Text
BAB V.pdf Download (131kB) | Preview |
|
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
RINGKASAN.pdf Download (253kB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dilaksanakannya penelitian ini adalah belum mampunya pembelajaran sosiologi di kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Muntilan mencapai salah satu tujuan pembelajaran sosiologi di SMA yaitu mengarahkan siswa untuk dapat memahami fenomena kehidupan dan melatih siswa memecahkan masalah. Keduanya merupakan indikator dari kecakapan personal. Oleh karena itu, diterapkan metode Learning Journals untuk meningkatkan kecakapan personal siswa. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan kecakapan personal siswa melalui implementasi metode Learning Journals dalam pembelajaran sosiologi Kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Muntilan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Muhammadiyah 1 Muntilan tahun ajaran 2013/2014 sejumlah 26 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Validitas data menggunakan teknik triangulasi sumber data dan metode. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Kesimpulan yang diperoleh adalah bahwa implementasi metode Learning Journals dapat meningkatkan kecakapan personal siswa kelas XI IPS 1 dalam pembelajaran sosiologi yang dibuktikan dengan peningkatan yang terjadi pada setiap siklus. Rata-rata skor kecakapan personal siswa pada Siklus I sebesar 43.03%, meningkat 21.13% pada Siklus II menjadi 64.16% dan pada Siklus III meningkat 4.76% menjadi 68.92%. Kelebihan implementasi metode pembelajaran Learning Journals adalah siswa dapat memahami materi secara mendalam, memahami fenomena sosial di sekitar mereka, memecahkan masalah yang muncul, dan menjadi memiliki tempat untuk menuangkan kreativitas. Sedangkan kekurangannya adalah pelaksanaan yang membutuhkan waktu lama. Hambatan yang ditemui selama pelaksanaan penelitian adalah waktu yang terbatas dan kondisi siswa yang belum terbiasa dengan aktivitas menulis. Kata kunci: Learning Journals, kecakapan personal siswa, pembelajaran sosiologi.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sosiologi Antropologi |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sosiologi |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sosiologi FIS |
Date Deposited: | 12 Aug 2015 08:07 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:47 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24763 |
Actions (login required)
View Item |