PERBEDAAN METODE CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GAMPING

Afita, Leli (2015) PERBEDAAN METODE CONCEPT MAPPING DENGAN METODE PROJECT BASED LEARNING DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 GAMPING. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI LELI AFITA FIX.swf

Download (1MB)
[img] Text
SKRIPSI LELI AFITA FIX.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Kreativitas dalam pembelajaran IPS di kelas VII SMP Negeri 2 Gamping masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya kreativitas siswa adalah metode pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi dan menarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan antara metode Concept Mapping dan metode Project Based Learning dalam meningkatkan kreativitas siswa di kelas VII SMP Negeri 2 Gamping. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping sebanyak 204 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu kelas VII F sebagai kelas eksperimen 1 (Concept Mapping) dan kelas VII E sebagai kelas eksperimen 2 (Project Based Learning). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis independent t-test dengan bantuan program SPSS 19. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan antara metode Concept Mapping dengan metode Project Based Learning dalam meningkatkan kreativitas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Gamping. Hal ini dilihat dari hasil uji–t (independent sample t-test) yang menunjukkan skor angket akhir sebesar 2,137. Nilai thitung>ttabel (2,137>1,997) dan nilai (sig)<0,05 yaitu sig. 0,000<0,05. Hasil hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa terdapat perbedaan kreativitas siswa yang signifikan antara kelas eksperimen 1 (CM) dengan kelas eksperimen 2 (PjBL). Hal tersebut menunjukkan bahwa metode Concept Mapping terbukti mampu meningkatkan kreativitas siswa kelas VII di SMP Negeri 2 Gamping. Kata Kunci: Pembelajaran IPS, Metode Concept Mapping, Metode Project Based Learning, Kreativitas Siswa

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 11 Aug 2015 11:40
Last Modified: 30 Jan 2019 01:47
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24759

Actions (login required)

View Item View Item