PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP TINGKAT ANXIETY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MADUSARI 1 PRAMBANAN DALAM PEMBELAJARAN RENANG PADA TAHUN AJARAN 2014/2015

Yeni Susilawati (2015) PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN TERHADAP TINGKAT ANXIETY PADA SISWA KELAS V SD NEGERI MADUSARI 1 PRAMBANAN DALAM PEMBELAJARAN RENANG PADA TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI -Yeni Susilawati-13604227012.pdf

Download (9MB) | Preview

Abstract

Terdapat beberapa kendala dalam pembelajaran renang, salah satunya adalah anxiety atau rasa cemas siswa. Untuk menghilangkan rasa cemas tersebut peneliti mencoba menggunakan pendekatan bermain dalam pembelajaran renang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan bermain terhadap tingkat anxiety pada siswa kelas V SD Negeri Madusari 1 dalam pembelajaran renang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimental semu, yaitu one group pretest posttest desaign. instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket yang diadopsi dari HARS (Hamilton Anxiety Rating Scale). Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas V SD Negeri Madusari 1 yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 16 siswa putri dan 13 siswa putra. Sampel dalam penelitian ini menggunakan total sampling karena menggunakan seluruh populasi yaitu seluruh siswa kelas V SD Negeri Madusari 1 prambanan yang berjumlah 29 siswa, terdiri dari 16 putri dan 13 putra. Teknik analisis data menggunakan t-tes dengan membandingkan data yang diambil ketika pretest dengan data posttest. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh signifikan berupa penurunan tingkat kecemasan yang terjadi pada siswa SD Negeri Madusari 1 setelah mendapatkan treatment. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dependen. Pada uji hipotesis skor t hiung > t tabel dan sig < 0.05, hal ini menandakan adanya perubahan yang signifikan terhadap tingkat anxiety ketika pretest dan posttest pada siswa kelas V SD Negeri Madusari 1 dalam pembelajaran renang. Penurunan derajat kecemasan juga dapat dilihat dari hasil statistik, dari hasil membandingkan hasil pretest dan posttest dapat dilihat terjadi penurunan derajat kecemasan sebesar 35%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pendekatan bermain dapat mengurangi derajat kecemasan siswa kelas V SD Negeri Madusari 1 dalam Pembelajaran renang.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: pendekatan bermain dan anxiety, pembelajaran renang SD
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 11 Mar 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24757

Actions (login required)

View Item View Item