KETERBACAAN WACANA BUKU TEKS PIWULANG BASA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Sakti, Ikhtiara Hening (2014) KETERBACAAN WACANA BUKU TEKS PIWULANG BASA KELAS VII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. S1 thesis, Universitas Negeri Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
Ikhtiara Hening Sakti 07205244013.pdf

Download (23MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum diukurnya keterbacaan wacana dalam buku teks yang digunakan oleh guru mata pelajaran Bahasa Jawa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui keterbacaan buku teks Piwulang Basa yang diteliti menggunakan Prosedur Klose atau tes isian wacana rumpang. Pengukuran keterbacaan ini dilakukan untuk mengetahui keterbacaan buku teks Piwulang Basa bagi siswa SMP Negeri 1 Balapulang dan SMP Negeri 1 Lebaksiu. Populasi penelitian terdiri atas empat belas wacana dalam buku teks Piwulang Basa kelas VII. Sampel wacana didasarkan atas prinsip Fry yaitu mengambil wacana pada bagian awal, tengah dan akhir berjumlah tiga wacana. Sampel siswa penelitian ini adalah siswa kelas VII H SMP Negeri 1 Balapulang dan kelas VII G SMP Negeri 1 Lebaksiu tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dengan instrument tes isian wacana rumpang. Pengambilan data dilakukan tiga kali yang meliputi pengambilan data untuk wacana awal, tengah dan akhir. Teknik analisis data digunakan analisis deskriptif. Kriteria penentuan tingkat keterbacaan ialah (1) Wacana dengan persentase keterbacaan lebih dari 60% disebut wacana dengan keterbacaan tinggi, (2) Wacana dengan persentase keterbacaan antara 40% sampai 60% disebut wacana dengan keterbacaan sedang, (3) Wacana dengan persentase keterbacaan kurang dari 40% disebut wacana dengan keterbacaan rendah. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi. Reliabilitas yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan rumus Kuder-Richardson 21. Berdasarkan hasil pengukuran untuk wacana awal, tengah dan akhir secara berturut-turut adalah 75,92%, 75,74% dan 72,92% dapat disimpulan bahwa tingkat keterbacaan wacana buku teks Piwulang Basa tinggi dengan rata-rata persentase sebesar 74,86%. Persentase sebesar 74,86% termasuk dalam kategori keterbacaan tinggi. Hal tersebut menandakan bahwa wacana dalam buku teks Piwulang Basa mudah dipahami oleh siswa. Apabila tingkat keterbacaan wacana dalam buku teks tinggi maka siswa akan dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan dalam buku teks tersebut.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Keterbacaan Buku Teks Piwulang Basa
Subjects: Bahasa dan Sastra > Bahasa dan Sastra Jawa
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Jawa
Depositing User: Admin Pendidikan Bahasa Jawa FBS
Date Deposited: 11 Aug 2015 10:57
Last Modified: 30 Jan 2019 01:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24749

Actions (login required)

View Item View Item