PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN METODE BERMAIN SIMPAI DAN KARDUS SISWA KELAS IV SD NEGERI COKROKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA

Akhid Wibowo (2015) PENINGKATAN PEMBELAJARAN LOMPAT JAUH DENGAN METODE BERMAIN SIMPAI DAN KARDUS SISWA KELAS IV SD NEGERI COKROKUSUMAN KOTA YOGYAKARTA. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
Akhid Wibowo_13604227101.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dari hasil pembelajaran lompat jauh di SDNegeri Cokrokusuman sebagian besar hasilnya masih di bawah KKM. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan pembelajaran lompat jauh, dengan metodebermain simpai dan kardus pada kelas IV SD Negeri Cokrokusuman Yogyakarta. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dan dilaksanakan dengan 2siklus, setiap siklus 2 kali pertemuan dengan tahapan, perancanaan, tindakan, pengamatan, refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri Cokrokusuman pada semester II tahun pelajaran 2014/2015. Instrumenyang digunakan untuk pengambilan data pada penelitian ini adalah, lembar observasi kegiatan belajar mengajar siswa, lembar penilaian keterampilan lompatjauh. Analisis data yang digunakan adalah analisis diskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan siswa yang tuntas belajar meningkat dari 4siswa (20 %) menjadi 15 siswa (75 %), rata-rata meningkat dari 58,75 menjadi80,83. Sedangkan siswa berpendapat bahwa dengan pendekatan bermain siswasemakin tertarik dengan lompat jauh.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Lompat Jauh, Siswa Kelas IV SD, Bermain
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24742

Actions (login required)

View Item View Item