PENINGKATAN KETRAMPILAN PASSING BAWAH BOLAVOLI DENGAN MENGUNAKAN METODE BERMAIN BOLA PANTUL PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMA NEGERI 1 SIRAMPOG BREBES

Adhy Baehaqie Nur Arrahman (2015) PENINGKATAN KETRAMPILAN PASSING BAWAH BOLAVOLI DENGAN MENGUNAKAN METODE BERMAIN BOLA PANTUL PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI DI SMA NEGERI 1 SIRAMPOG BREBES. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
skripsi.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Passing bawah siswa peserta ekstrakurikuler bolavoli di SMA Negeri 1 Sirampog Brebes masih kurang. Belum diketahuinya pengaruh bermain bola pantul terhadap kemampuan dasar passing bawah dalam permainan bolavoli di SMA Negeri 1 Sirampog Brebes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bermain bola pantul terhadap kemampuan dasar passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli putra di SMA Negeri 1 Sirampog Brebes. Penelitian ini menggunakan Quasi Eksperiment One group pretest-postest design dimana dalam penelitian ini tidak ada kelompok pembanding. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta putra yang mengikuti ekstrakurikuler bolavoli yang berjumlah 22 anak, tanpa kelompok pembanding. Maka seluruh peserta putra yang mengikuti ekstrakurikuler digunakan sebagai subjek dalam penelitian. Instrumen yang digunakan adalah tes dan pengukuran menggunakan tes brumbach. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji t untuk pengujian hipotesis. Sampel berkorelasi pada taraf signifikasi 5 % atau 0,05. Hasil pengujian menunjukkan bahwa ada pengaruh bermain bola pantul terhadap kemampuan dasar passing bawah. Uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung sebesar 7,080 > 2,076 (t tabel) dan nilai Sign sebesar (0,000) < 0,05, sehingga hal tersebut menunjukan Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa ada perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan dasar passing bawah setelah diberi perlakuan dengan bermain bola pantul. Berdasarkan rata-rata (mean) menunjukkan rerata posttest > pretest. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh bermain bola pantul yang signifikan terhadap kemampuan dasar passing bawah peserta ekstrakurikuler bolavoli putra SMA Negeri 1 Sirampog Brebes. Peningkatan presentase kemampuan passing bawah sebesar 9,88% dari selisih rerata dibagi rerata pretest dikalikan 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Bola Pantul, Passing Bawah dan Bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 11 Mar 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24737

Actions (login required)

View Item View Item