PERBEDAAN PEMBELAJARAN PASSING MENYUSUR TANAH BERVARIASI DAN PEMBELAJARAN PASSING MENYUSUR TANAH BERHADAPAN TERHADAP KETEPATAN PASSING SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 1 BOROBUDUR

Muhammad Ikhsan Aqiyadi (2015) PERBEDAAN PEMBELAJARAN PASSING MENYUSUR TANAH BERVARIASI DAN PEMBELAJARAN PASSING MENYUSUR TANAH BERHADAPAN TERHADAP KETEPATAN PASSING SISWA EKSTRAKURIKULER SEPAKBOLA SMP NEGERI 1 BOROBUDUR. S1 thesis, Fakultas Ilmu Keolahragaan.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_Muhammad Ikhsan Aqiyadi.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

Latar belakang penelitian ini untuk meneliti kemampuan passing anak latih untuk diamplikasikan kedalam permainan, agar nantinya pemain tidak hanya mempunyai sklil individu saja tapi juga mempunyai teknik kemampuan passing yang baik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan pembelajaran passing menyusur tanah bervariasi dan pembelajaran passing menyusur tanah berhadapan terhadap ketepatan passing siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 1 Borobudur. Desain penelitian ini menggunakan TwoGroups Pretest-PosttestDesign, dengan membagi dua kelompok, yaitu kelompok A dengan pembelajaran passing menyusur tanah bervariasi dan kelompok B dengan pembelajaran passing menyusur tanah berhadapan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa ekstrakurikuler sepakbola SMP Negeri 1 Borobudur yang berjumlah 30 siswa. Sampel yang diambil dari hasil nonrandom sampling atau total sampling. Instrumen yang digunakan adalah tes ketepatan passing dengan validitas 0,963 dan rehabilitas 0,900. Analisis data menggunakan uji t. Hasil pengujian menunjukan bahwa: (1) ada pengaruh yang signifikan latihan passing menyusur tanah bervariasi terhadap ketepatan passing siswa ekstrakurikuler SMP N 1 Borobudur, dengan nilai t hitung 7,246 > t tabel 1,761 dan nilai signifikan (0,000) < 0,05, kenaikan prosentasesebesar 1,1% (2) ada pengaruh yang signifikan latihan passing menyusur tanah lurus berhadapan terhadap ketepatan passing siswa ekstrakurikuler SMP N 1 Borobudur, dengan nilai t hitung 2,958 > t tabel 1,761 dan nilai signifikan (0,000) < 0,05, kenaikan prosentase 0,9% (3). Latihan passing menyusur tanah bervariasi lebih baik dari pada latihan passing menyusur tanah berhadapan terhadap ketepatan passing siswa ekstrakurikuler SMP N 1 Borobudur. Karena dilihat dari hasil uji t diketahui bahwa nilai t hitung metode latihan passing bervariasi lebih besar dibandingkan latihan passing berhadapan.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: passing, menyusur tanah, bervariasi, berhadapan, ketepatan.
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Olahraga > Pendidikan Jasmani, Kesehatan Dan Rekreasi (PJKR)
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 11 Mar 2019 02:13
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24734

Actions (login required)

View Item View Item