PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN BOLA PANTUL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SEKOLAH DASAR NEGERI TEMON KULON KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO

SUDARMAN (2015) PENGARUH PENDEKATAN BERMAIN BOLA PANTUL TERHADAP KEMAMPUAN PASSING BAWAH PESERTA EKSTRAKURIKULER BOLAVOLI SEKOLAH DASAR NEGERI TEMON KULON KECAMATAN TEMON KABUPATEN KULON PROGO. S1 thesis, UNSPECIFIED.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI Sudarman 12601247014 sek anyar.pdf

Download (11MB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya indikasi bahwa peserta ekstrakurikuler Bolavoli di Sekolah Dasar Negeri Temon Kulon Kec. Temon Kab. Kulon Progo mengalami kesulitan dalam latihan passing bawah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan permainan bola pantul terhadap kemampuan passing bawah pada peserta ekstrakurikuler bolavoli Sekolah Dasar Negeri Temon Kulon Kec. Temon Kab. Kulon Progo. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen one group pretest-postest design dimana dalam penelitian ini tidak ada kelompok pembanding. Populasi penelitian ini adalah peserta ekstrakurikuler Bolavoli Sekolah Dasar Negeri Temon Kulon Kec. Temon Kab. Kulon Progo yang berjumlah 20 anak. Instrumen yang digunakan adalah tes untuk passing bawah (dig test) dari Darwis yang dikutip oleh Sri Mawarti (2009: 95). Teknik analisis data menggunakan variabel untuk normalitas, uji homogenitas, dan uji-t untuk pengujian hipotesis, dan sampel berkorelasi pada taraf signifikansi 5%. Hasil pengujian menunjukkan bahwa hasil uji hipotesis menunjukkan nilai t hitung sebesar 0.535 > 0.433 (t ), hasil ini menunjukkan bahwa ho ditolak berarti Ada perbedaan antara pretest dan posttest passing bawah dalam tabel permainan bolavoli setelah diberikan treatment pendekatan bermain bola pantul pada peserta ekstrakurikuler Sekolah Dasar Negeri Temon Kulon Kec. Temon Kab. Kulon Progo. Nilai p (0,599) > 0,05, menunjukkan bahwa adanya peningkatan passing bawah siswa tidak signifikan yaitu dengan peningkatan persentase passing bawah siswa sebesar 7,84% dari selisih rerata dibagi rerata pretest dikalikan 100%.

Item Type: Thesis (S1)
Uncontrolled Keywords: Passing Bawah, Bola Pantul, Ekstrakurikuler, Bolavoli
Subjects: Olahraga > Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) > Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar
Depositing User: Perpustakaan FIK
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:46
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24733

Actions (login required)

View Item View Item