PERBEDAAN PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY DAN METODE TIME TOKEN AREND DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BANTUL

Tiffani, Cindy (2015) PERBEDAAN PENERAPAN METODE TWO STAY TWO STRAY DAN METODE TIME TOKEN AREND DALAM MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 BANTUL. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
SKRIPSI CINDY TIFFANI 11416241037.swf - Accepted Version

Download (9MB)
Official URL: http://library.fis.uny.ac.id

Abstract

Metode ceramah masih mendominasi pembelajaran di kelas sehingga keaktifan siswa pada pembelajaran IPS masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan signifikan penerapan metode Two Stay Two Stray dan metode Time Token Arend dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Bantul. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik Simple Random Sampling yaitu dipilih dengan cara pengundian dari sebagian populasi yang terdiri dari kelas VIII SMP Negeri 2 Bantul. Setelah dilakukan pengundian terpilihlah kelas VIII E sebagai kelas eksperimen 1 dan kelas VIII A sebagai kelas eksperimen 2. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis independent t-test untuk perhitungan angket akhir dan gain score angket (selisih antara angket awal dan angket akhir). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan penerapan metode Two Stay Two Stray dan metode Time Token Arend dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran IPS kelas VIII di SMP Negeri 2 Bantul. Hasil tersebut dibuktikan dengan hasil uji-t (independent t-test) gain score angket yang menunjukkan bahwa nilai thitung > ttabel (3,293 > 2,013) dan dilihat dari nilai probabilitas (sig) 0,002 < 0,05. Kata kunci: Metode Two Stay Two Stray, Metode Time Token Arend, Keaktifan Siswa, Pembelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan IPS
Depositing User: Admin Pendidikan IPS FIS
Date Deposited: 11 Aug 2015 08:53
Last Modified: 26 Oct 2015 07:32
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24726

Actions (login required)

View Item View Item