Astana, Cornelius Bayu (2015) Karya Pendidikan Tarekat Carolus Borromeus di Keuskupan Agung Semarang 1952-1998. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.
Other (FIS Digital)
Skripsi Full 10406244024.swf - Accepted Version Download (4MB) |
|
Text (FIS Digital)
Skripsi Full 10406244024.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Abstract
Suster-suster Cintakasih Carolus Borromeus (CB) merupakan salah satu tarekat misionaris yang berkarya di Indonesia. Tarekat CB merupakan salah satu misionaris yang merintis karya pendidikan di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui latar belakang masuknya Tarekat CB ke Indonesia; (2) Mengetahui perkembangan karya pendidikan Tarekat CB di Keuskupan Agung Semarang; (3) Mengetahui ciri karya pendidikan Tarekat CB. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang mengacu pada metode sejarah yang dikemukakan Louis Gottschalk. Metode sejarah tersebut dalam penerapannya mencakup empat tahap penelitian yaitu heuristik atau pengumpulan sumber, kritik sumber, intepretasi, dan historiografi. Sumber sejarah yang digunakan berupa data teks dan data lisan. Data teks dan data lisan saling melengkapi dan menjadi pembanding kemudian disusun menjadi sebuah tulisan sejarah. Tarekat CB merupakan suatu perkumpulan biarawati Katolik yang berasal dari Maastricht Belanda yang didirikan oleh Elisabeth Gruyters pada 29 April 1837. (1) Awal abad ke-20 Tarekat CB diundang oleh misionaris di Indonesia untuk memulai karya kesehatan di Jakarta. Karya kesehatan yang dikerjakan Tarekat CB kemudian berkembang sampai ke Keuskupan Agung Semarang tepatnya di Yogyakarta. Tarekat CB di Keuskupan Agung Semarang sampai tahun 1935 hanya dikenal sebagai tarekat yang berkarya di bidang kesehatan. (2) Sejak tahun 1935 Tarekat CB mulai memasuki karya pendidikan dengan mengelola HCS dan VS di Yogyakarta. Karya pendidikan sempat mengalami masa sulit ketika terjadi pendudukan Jepang dan Agresi Militer Belanda. Mulai tahun 1949 karya pendidikan Tarekat CB di Yogyakarta dihidupkan kembali. Suster-suster CB juga membuka pendidikan di Magelang sejak tahun 1952. Sekolah-sekolah milik Tarekat CB kemudian bernaung di bawah Yayasan Tarakanita. (3) Karya pendidikan Tarekat CB merupakan sarana untuk memberikan bantuan, terutama bantuan untuk memaknai kehidupan, hakikat dan tujuannya. Bisa dikatakan Tarekat CB melalui karya pendidikannya berkeinginan untuk mengemban misi penyadaran atau conscientiation. Melalui pendidikan diharapkan manusia akan semakin sadar akan jati diri dan asal-usul, dunia dan lingkungan alam sosial, serta tanggung jawabnya. Kata Kunci: Tarekat CB, Karya, Pendidikan
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Sosial > Sejarah |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Sejarah |
Depositing User: | Admin Pendidikan Sejarah FIS |
Date Deposited: | 11 Aug 2015 08:45 |
Last Modified: | 30 Jan 2019 01:45 |
URI: | http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24724 |
Actions (login required)
View Item |