UPAYA PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI PENERAPAN TEKNIK KUIS TIM DI SD NEGERI SIDOMULYO SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015

Linasari, Rifninda Nur (2015) UPAYA PENINGKATAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA KELAS IV MELALUI PENERAPAN TEKNIK KUIS TIM DI SD NEGERI SIDOMULYO SLEMAN TAHUN AJARAN 2014/2015. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Rifninda Nur Linasari_11108241127_SKRIPSI.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa kelas IV SD Negeri Sidomulyo dalam proses pembelajaran melalui penerapan teknik kuis tim. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model Kemmis dan Taggart. Subjek penelitian berjumlah 26 siswa. Data konsentrasi belajar siswa dikumpulkan menggunakan lembar observasi dan pedoman wawancara. Selanjutnya, data tersebut dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsentrasi belajar siswa meningkat melalui penerapan teknik kuis tim. Pada siklus I, berdasarkan hasil observasi, rata-rata skor konsentrasi belajar siswa adalah 14,88 dengan persentase 51,31%. Pada siklus II, perbaikan yang dilakukan adalah mengubah isi segmen kuis tim, pemberian contoh soal jawaban singkat oleh guru, pemberian motivasi secara lisan kepada siswa agar mampu bekerjasama dengan rekan satu tim, dan memperbaiki kolom penulisan soal pada lembar kerja siswa. Melalui perbaikan tersebut, pada siklus II rata-rata skor konsentrasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi meningkat menjadi 18,28 dengan persentase sebesar 63,03%. Persentase tersebut telah mencapai indikator keberhasilan yaitu rata-rata konsentrasi belajar siswa berdasarkan hasil observasi >60%, sehingga tindakan dihentikan pada siklus II. Kata kunci: konsentrasi belajar, kuis tim

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan dan Bimbingan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24717

Actions (login required)

View Item View Item