HUBUNGAN INTENSITAS PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SE-GUGUS 3 KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN

Kumalasari, Yunita (2015) HUBUNGAN INTENSITAS PERGAULAN TEMAN SEBAYA DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR PKN PADA SISWA KELAS III SD NEGERI SE-GUGUS 3 KECAMATAN PRAMBANAN KABUPATEN SLEMAN. S1 thesis, PGSD.

[img]
Preview
Text
Yunita Kumalasari_11108244038.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan intensitas pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar PKn, hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar PKn, hubungan intensitas pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar PKn, besarnya sumbangan intensitas pergaulan teman sebaya terhadap prestasi belajar PKn, besarnya sumbangan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn, besarnya sumbangan intensitas pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar PKn pada siswa kelas III SD Negeri se-gugus 3 Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional (correlational studies). Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III sebanyak 102 siswa yang diambil dari 5 Sekolah Dasar Negeri yang ada di gugus 3 Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan rumus Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji hipotesis menggunakan korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas pergaulan teman sebaya dengan prestasi belajar PKn pada siswa kelas III SD Negeri se-gugus 3 Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman dengan sumbangan sebesar 9,30%. Kedua, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar PKn pada siswa kelas III SD Negeri se-gugus 3 Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman dengan sumbangan sebesar 5,76%. Ketiga, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara intensitas pergaulan teman sebaya dan motivasi belajar dengan prestasi belajar PKn pada siswa kelas III SD Negeri se-gugus 3 Kecamatan Prambanan Kabupaten Sleman dengan sumbangan sebesar 10,50%. Kata kunci: pergaulan teman sebaya, motivasi belajar, prestasi belajar PKn

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Pendidikan > Aspek Pendidikan
Pendidikan > Pra Sekolah dan Sekolah Dasar > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) > PGSD - Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Admin PGSD FIP
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:45
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24715

Actions (login required)

View Item View Item