PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PADA POKOK BAHASAN PENYEARAH SETENGAH GELOMBANG DAN GELOMBANG PENUH KELAS XI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN

Bernhard, Iwan Muhammad (2015) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PADA POKOK BAHASAN PENYEARAH SETENGAH GELOMBANG DAN GELOMBANG PENUH KELAS XI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN. S1 thesis, UNY.

[img]
Preview
Text
Bernhard Iwan Muhammad-09501241028.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNJUK KERJA (PERFORMANCE ASSESSMENT) PADA POKOK BAHASAN PENYEARAH SETENGAH GELOMBANG DAN GELOMBANG PENUH KELAS XI JURUSAN ELEKTRONIKA INDUSTRI DI SMK MUHAMMADIYAH PRAMBANAN Oleh: Bernhard Iwan Muhammad NIM. 09501241028 ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengembangan instrumen penilaian unjuk kerja siswa pada praktikum penyearah setengah glombang dan gelombang penuh mata pelajaran PPOE, (2) validitas dan reliabilitas instrumen penilaian unjuk kerja pada praktikum penyearah setengah gelombang dan gelombang penuh pada mata pelajaran PPOE, (3) respon guru terhadap penggunaan instrumen penilaian unjuk kerja pada praktikum penyearah setengah gelombang dan gelombang penuh mata pelajaran PPOE. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development dengan metode 4-D (Four D Models) yaitu define, design, develop, disseminate. Penelitian dilaksanakan di kelas XI Jurusan Elektronika Industri SMK Muhammadiyah Prambanan. Subjek penelitian berjumlah 16 siswa. Lembar instrumen penilaian terdiri dari rubrik dan lembar penilaian. Penelitian ini menggunakan uji validitas ahli (expert judgment) dan validitas empiris. Analisis Uji validitas ahli menggunakan angket validasi dan analisis validasi empiris menggunakan analisis butir. Untuk uji reliabilitas menggunakan metode intereter dengan analisis percentage agreement dan menggunakan metode Alpha- Cronbach. Respon guru terhadap penggunaan instrumen diperoleh dengan menyebarkan angket.Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pengembangan instrumen penilaian unuk kerja siswa menggunakan metode 4-D (four D models). Dalam model 4-D ada 4 tahap yaitu, tahap pendefinisian (define) berisi pendefinisian masalah yang terjadi, tahap perencanaan (design) berisi perancangan instrumen penilaian unjuk kerja, tahap pengembanagn (develop) berisi validitas para ahli untuk kelayakan instrumen penilaian unjuk kerja, dan tahap diseminasi (disseminate) berisi uji coba instrumen ke kelas, (2) validitas instrumen menggunakan validitas ahli dan validitas empiris. Hasil validitas ahli instrumen dinyatakan baik dengan nilai rata-rata 3,12 dari skor maksimal 4,00. Hasil validitas empiris menyatakan skor r hitung tiap butir lebih besar dari r tabel 0,412 sehingga instrumen dinyatakan valid. Uji reliabilitas instrumen menggunakan percentage agreement dengan interpretasi reliabel tinggi dengan nilai 95%. Uji reliabilitas menggunakan Alpha-Cronbach menyatakan instrumen penilai A memiliki skor 0,756 dan penilai B memiliki skor 0,80. Kedua instrumen dinyatakan reliabel karena nilai Alpha lebih dari 0,7, (3) Respon guru terhadap penggunaan instrumen sangat baik. Hal ini dinyatakan dengan nilai 4,5 dari skor maksimal 5,00 terhadap respon penggunaan instrumen penilaian unjuk kerja (performance assessment). Kata kunci: four-D models, performance assessment, R and D

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Teknik & Teknologi > Teknik Elektro
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Pendidikan > Pendidikan Teknik Elektronika
Depositing User: Margiyanti
Date Deposited: 10 Aug 2015 15:38
Last Modified: 30 Jan 2019 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24696

Actions (login required)

View Item View Item