PENGARUH PEMAHAMAN LABEL HALAL DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP NIAT MEMBELI PRODUK MAKANAN KEMASAN BERLABEL HALAL (STUDI PADA SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN AL BAROKAH)

Fatkhurohmah, Fatkhurohmah (2015) PENGARUH PEMAHAMAN LABEL HALAL DAN FAKTOR SOSIAL TERHADAP NIAT MEMBELI PRODUK MAKANAN KEMASAN BERLABEL HALAL (STUDI PADA SANTRI MAHASISWA PONDOK PESANTREN AL BAROKAH). S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh pemahaman label halal terhadap niat membeli makanan kemasan berlabel halal. (2) Pengaruh faktor sosial terhadap niat membeli makanan kemasan berlabel halal. (3) Pengaruh pemahaman label halal dan faktor sosial terhadap niat membeli makanan kemasan berlabel halal. Penelitian ini merupakan penelitian assosiatf kausal yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri mahasiswa pondok pesantren Al Barokah sebanyak 170 santri. Pengambilan sampel sebanyak 122 santri dengan teknik simple random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linear berganda yang sebelumnya dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji homosedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan: 1) pemahaman label halal berpengaruh secara signifikan terhadap niat membeli makanan kemasan berlabel halal dibuktikan dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,056, nilai thitung sebesar 2,334 pada signifikansi 0,021; 2) faktor sosial berpengaruh secara signifikan terhadap niat membeli makanan kemasan berlabel halal dibuktikan dengan nilai koefisien regresi positif sebesar 0,434, nilai thitung sebesar 5,208 pada signifikansi 0,000; serta 3) pemahaman label halal dan faktor sosial secara bersama-sama berpengaruh secara signifikan terhadap niat membeli makanan kemasan berlabel halal, dibuktikan dengan nilai R yang positif sebesar 0,484, R2 0,234, dan nilai Fhitung sebesar 18,156 pada signifikansi 0,000. Sumbangan efektif variabel pemahaman label halal sebesar 4,6% dan faktor sosial sebesar 18,8% terhadap niat membeli makanan kemasan berlabel halal. Sumbangan relatif pemahaman label halal sebesar 19,6% dan faktor sosial sebesar 80,4% terhadap niat membeli makanan kemasan berlabel halal. Dengan hasil tersebut dapat dikatakan bahwa faktor sosial memiliki pengaruh lebih besar terhadap niat membeli makanan kemasan berlabel halal dibandingkan dengan variabel pemahaman label halal.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 30 Jan 2019 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24694

Actions (login required)

View Item View Item