PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMKN 1 SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL

Adi Fusantara, Nicolaus (2015) PENGARUH PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN DAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA SISWA SMKN 1 SAPTOSARI KABUPATEN GUNUNGKIDUL. S1 thesis, Fakultas Ekonomi.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pengaruh pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa di SMKN 1 Saptosari Gunungkidul; (2) Pengaruh praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa di SMKN 1 Saptosari Gunungkidul; (3) Pengaruh pembelajaran kewirausahaan dan praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa di SMKN 1 Saptosari Gunungkidul. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa di SMKN 1 Saptosari yang sudah melaksanakan pembelajaran kewirausahaan dan praktik kerja industri sebanyak 270 siswa. Pengambilan sampel sebanyak 160 anggota dengan teknik Proportional Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis menggunakan analisis regresi linier berganda yang sebelumnya dilakukan uji asumsi yaitu uji normalitas, uji linieritas, uji heteroskedastisitas dan uji kolinieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa dengan nilai thitung sebesar 4,718 (p<0,05). Terdapat pengaruh positif dan signifikan praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa dengan nilai thitung sebesar 3,932 (p<0,05). Secara bersama-sama terdapat pengaruh positif dan signifikan pembelajaran kewirausahaan dan praktik kerja industri terhadap minat berwirausaha siswa dengan dengan nilai Fhitung sebesar 18,929 (p<0,05) dan nilai R2 sebesar 0,194.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Ekonomi > Ekonomi
Pendidikan > Media Pendidikan
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi
Depositing User: Admin Pendidikan Ekonomi FE
Date Deposited: 12 Aug 2015 08:07
Last Modified: 12 Aug 2015 08:07
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24693

Actions (login required)

View Item View Item