Pengaruh Gaya Pengasuhan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa SMP se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman

Indrajayanti, Bety (2015) Pengaruh Gaya Pengasuhan Orang Tua dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PKn Siswa SMP se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. S1 thesis, Fakultas Ilmu Sosial.

[img] Other (FIS Digital)
Copy of BETY INDRAJAYANTI_11401244001.swf - Accepted Version

Download (1MB)

Abstract

terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa SMP Se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa SMP Se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, (3) pengaruh gaya pengasuhan orang tua dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa SMP Se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian adalah penelitian verifikatif. Penelitian ini menggunakan desain ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMP Se-Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Teknik pengambilan sampel menggunakan multistage cluster random sampling. Sampel diambil berjumlah 143 siswa yang mewakili masing-masing kelompok sekolah yaitu SMP Negeri 3 Depok, SMP Negeri 5 Depok mewakili sekolah negeri dan SMP Diponegoro, SMP Muhammadiyah 2 Depok, SMP Muhammadiyah 3 Depok mewakili sekolah swasta. Pengumpulan data menggunakan kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya, dan teknik dokumentasi. Uji validitas instrumen menggunakan rumus Korelasi Product Moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan koefisien Alpha. Hasil uji validitas diperoleh dari 36 butir instrumen gaya pengasuhan orang tua 4 butir gugur dan dari 36 butir intrumen motivasi belajar 4 butir gugur. Uji hipotesis menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) ada pengaruh positif dan signifikan gaya pengasuhan orang tua terhadap prestasi belajar mata pelajaran PKn siswa SMP Se Kecamatan Depok Kabupaten Sleman, dibuktikan dari nilai t hitung>t tabel (2,069>1,976) dan nilai signifikansi sebesar 0,040t tabel (9,635>1,976) dan nilai signifikansi sebesar 0,0003,05) dan nilai signifikansi sebesar 0,000

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: Ilmu Sosial > Hukum
Ilmu Sosial > Kewarganegaraan dan Hukum
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial, Hukum dan Ilmu Politik (FISHIPOL) > Pendidikan Kewarganegaraan dan Hukum
Depositing User: Admin Pendidikan Kewarganegaraan FIS
Date Deposited: 10 Aug 2015 15:05
Last Modified: 30 Jan 2019 01:44
URI: http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/24691

Actions (login required)

View Item View Item